News - Momen video call memang punya pengaruh tersendiri bagi setiap orang, apalagi jika dilakukan saat hendak wawancara kerja.

Pasalnya, dengan menggunakan fitur yang satu ini, pelamar kerja akan bertatap muka secara langsung dengan orang lain, terutama orang-orang penting yang menjadikan penampilan sebagai nilai plus dari diri kalian.

Dengan bertatap muka inilah, aktivitas dalam video call ini jadi semakin tampak nyata. Namun, perlu diingat juga bahwa video call dengan penggunaan kamera ponsel seringkali membuat seseorang tampak sedikit berbeda, misalnya terlihat pucat.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memulai video call untuk menunjang penampilan dan kualitas gambar lebih maksimal.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk tampil lebih baik saat video call yang juga bisa kalian aplikasikan saat sedang siaran live di sejumlah platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Atur Pencahayaan

Pencahayaan adalah hal terpenting yang harus kalian perhatikan. Karena tanpa pencahayaan pas, gambar yang dihasilkan bisa menjadi terlalu gelap atau bahkan terlalu terang.

Hindari penggunaan cahaya neon karena dapat menghasilkan bayangan, terutama pada bagian muka yang kerap kali membuat seseorang menjadi tampak seram dan aneh.

Ada baiknya untuk mencari cahaya alami seperti matahari. Tapi pastikan juga berada di posisi tepat agar bayangan tidak jatuh menutupi wajah.

Lampu kamar yang cukup juga bisa menjadi opsi untuk mendapatkan penampilan terbaik di depan kamera.

Berpenampilan Menarik

Layaknya bertatap muka secara nyata, dianjurkan ketika video call, pelamar kerjaberpenampilan menarik agar lawan bicara pun terlihat senang saat melihatnya.

Ada baiknya untuk selalu menyesuaikan pakaian yang akan dikenakan saat video call, terutama yang dapat menjaga penampilan tetap sopan dan terlihat rapih.

Selain itu, make up juga penting untuk kalian gunakan sebagai penunjang penampilan. Terutama bagi kalian yang memiliki wajah sedikit pucat agar terlihat lebih fresh.

Eye Contact

Eye contact merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Lakukan kontak mata ke lawan bicara sebisa mungkin disaat mereka sedang menyampaikan sesuatu ataupun sebaliknya.

Selain agar aktivitas video call ini tampak lebih nyata, eye contact juga bertujuan untuk menunjukkan bahwa kalian menghargai proses yang sedang terjadi tersebut.

Temukan Angle Kamera yang Tepat

Angle kamera juga bisa menjadi penentu penampilan kalian. Sebab jika salah menemukan posisi yang tepat, bisa berpengaruh pada tampilan yang tidak sesuai dengan sebenarnya.

Posisi ini juga dapat membantu pencahayaan yang kalian dapatkan untuk membuat wajah lebih terlihat jelas di kamera. Usahakan untuk tetap berada di posisi yang baik selama proses berlangsung.

Posisi Tubuh

Posisi tubuh juga menjadi aspek yang harus kalian diperhatikan, karena bukan hanya wajah saja yang akan terlihat di kamera. Untuk kenyamanan, ingatlah bahwa lawan bicara hanya melihat tubuh kalian dari bagian pinggang ke atas saja.

Oleh karena itu, kalian perlu berdiri atau duduk senyamannya dengan tubuh yang tegap agar tidak terlihat lemas atau bungkuk oleh lawan bicara.

Gunakan Jaringan Terbaik dan Hindari Kebisingan

Agar video call berjalan lancar, pastikan menggunakan jaringan internet yang baik. Jika tidak, hal ini memungkinkan video call akan mengalami gangguan seperti delay dan buram.

Selain itu, perlu diingat juga untuk tidak melakukan panggilan video ketika lingkungan sekitar terlalu bising atau tidak memungkinkan untuk mendengarkan dan berbicara kepada seseorang.