News - Cara menurunkan suhu tubuh perlu diketahui bagi Anda yang ingin menurunkan suhu badan dengan cepat. Lain itu, ada pula cara agar suhu tubuh tetap normal.

Suhu tubuh normal berada disekitar angka 36,5-37,2 derajat celcius. Namun, bisa juga lebih rendah atau lebih tinggi. Suhu tubuh tersebut mengindikasikan kemampuan tubuh saat menghasilkan dan menghilangkan panas.

Pada umumnya, hipotalamus dan sistem saraf otonom menjaga tubuh dalam satu atau dua derajat dari suhu normal tubuh. Tapi, untuk kondisi tertentu dapat menyebabkan panas tubuh naik atau dikenal dengan heat-stress atau stres panas.

Penyebab Suhu Badan Naik

Dilansir dari WebMD, kenaikan suhu tubuh ini disebabkan oleh berbagai hal seperti adanya infeksi dibagian tubuh, kondisi yang menyebabkan inflamasi, efek samping dari penggunaan obat, kanker, vaksin, penyakit autoimun, dan lain sebagainya.

Segera temui dokter apabila badan panas disertai sakit pada bagian tubuh tertentu, dehidrasi, imun yang melemah, hingga pusing, mual, atau muntah.

Lantas, bagaimana mengatasi temperatur badan yang tinggi?

Cara Menurunkan Suhu Tubuh

Untuk menurunkan suhu badan dengan cepat, ada beberapa langkah yang dapat ditembuh seperti disebutkan dalam laman Healthlinesebagai berikut:

1. Rendam kaki di air dingin

Merendam kaki di bak air dingin akan mendinginkan tubuh dan memungkinkan Anda untuk rileks. Cukup tambahkan air dingin dan es batu ke seember air.

Benamkan kaki Anda dan rendam hingga 20 menit. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint untuk efek pendinginan tambahan.

2. Air kelapa

Minum air kelapa adalah cara yang bagus untuk menyegarkan tubuh. Vitamin, mineral, dan elektrolit dalam air kelapa menjadikannya cara yang efektif untuk merehidrasi dan memulihkan energi tubuh ketika mengalami stres akibat panas.

3. Permen peppermint

Peppermint dikenal dengan sifatnya yang dingin. Kandungan mentolnya yang tinggi membuat orang merasa lebih dingin.

Anda bisa membuat teh peppermint panas atau es dan meminumnya sepanjang hari. Walaupun teh panas tampaknya membuat Anda merasa lebih panas, minum minuman panas dapat membantu Anda lebih banyak berkeringat dan membantu mendinginkan tubuh Anda.

4. Menghidrasi makanan

Makan banyak makanan yang mengandung banyak air. Buah-buahan seperti melon, semangka, dan stroberi adalah pilihan yang baik.

Cobalah makan banyak sayuran seperti seledri, mentimun, dan kembang kol. Dapat juga makanan tersebut dalam keadaan mentah dalam salad, atau tambahkan sedikit es untuk memasukkannya ke dalam smoothie sehat karena yogurt juga dikenal sebagai makanan pendingin.

Cara Agar Suhu Tubuh Tetap Normal

Pada umumnya, sakit dapat dihindari dengan mengetahui penyebabnya. Panas tubuh yang tinggi menjadi tanda dari berbagai penyakit dan ini lah yang menyebabkan keadaan menjadi sedikit membingungkan.

Namun, Centers for Disease Control and Prevention memberikan tips untuk dapat mencegah suhu badan tinggi seperti sebagai berikut:

1. Tetap dingin

Usahakan tubuh untuk tetap dingin atau memiliki suhu tubuh yang normal dengan memakai pakaian yang benar.

Gunakan pakaian dengan warna yang terang, ringan, dan berukuran pas. Pakaian dengan warna gelap seperti hitam bersifat menyerap cahaya lebih banyak dibandingkan dengan warna terang.

Selain itu, tetaplah beraktivitas di dalam ruangan. Jika terpaksa keluar, gunakan tabir surya untuk menghindari paparan sinar matahari yang terlalu panas. Hindari juga makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Tetap terhidrasi

Seberapapun aktivitas harian Anda, tetaplah terhidrasi dengan baik. Minum kurang lebih 7-8 gelas air putih sehari dan jangan tunggu hingga merasa haus.

3. Tetap terinformasi

Periksa berita lokal untuk mengetahui peringatan panas ekstrem dan kiat-kiat keselamatan. Saat bekerja dalam cuaca panas, pantau kondisi rekan kerja Anda dan mintalah seseorang melakukan hal yang sama untuk Anda.

Penyakit yang disebabkan oleh panas dapat menyebabkan seseorang menjadi bingung atau kehilangan kesadaran.

Jika Anda berusia 65 tahun atau lebih, minta teman atau saudara untuk mengecek Anda dua kali sehari selama panas.