News - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar kota dengan cuaca terpanas di Indonesia Mei 2024. Daftar tersebut rilis berdasarkan pengamatan di 20 stasiun BMKG yang tersebar di berbagai kota dalam 24 jam terakhir.

Berdasarkan daftar tersebut, setidaknya ada 15kota yang mencapai suhu tertinggi di Indonesia per 12 - 13 Mei 2024. Laporan ini sekaligus menggambarkan kondisi cuaca panas yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia sejak awal hingga pertengahan Mei 2024.

Menurut BMKG, cuaca panas yang terjadi belakangan ini merupakan tanda bahwa musim kemarau akan datang. Menurut Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, beberapa wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

"Sebagian wilayah lainnya masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba, sehingga potensi fenomena suhu panas dan kondisi cerah di siang hari masih mendominasi cuaca secara umum di awal Mei 2024," katanya dalam rilisBMKG.

Melalui kesempatan yang sama, Guswanto menepis bahwa udara panas Indonesia terjadi karena fenomena gelombang panas atauheatwavedi Asia belakangan ini. Menurutnya, fenomena gelombang panas itu terjadi karena anomali dinamika atmosfer yang jarang terjadi di wilayah ekuator seperti Indonesia.