News - Wisata akhir tahun menjadi lebih seru karena bertepatan dengan libur sekolahdi pertengahan Desember 2023. Selain itu, pemerintah menetapkan 25-26 Desember 2023 sebagai hari libur nasional dan cuti bersama Natal. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan untuk berlibur keluarga dan salah satunya bisa berkunjung ke Bandung.

Bandung memiliki banyak destinasi wisata menarik. Sebagian destinasi tersebut bahkan ada yang cocok untuk tempat berliburbayi dan balita. Alhasil keseruan liburan bisa dirasakan semua anggota keluarga, termasuk si kecil.

Lantas, di mana saja destinasi wisata yang ramah dengan anak? Mari simak ulasannya.

Tempat Wisata Bandung untuk Anak

Ada banyak pilihan tempat wisata sesuai peruntukannya bagi anak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Ranca Upas

Ranca Upas terletak di Ciwidey yang memerlukan perjalanan sekira 2 jam dari Bandung. Di sana menyediakan wisata alam sejuk dan mempunyai area untuk berkemah dengan tenda yang bisa disewa. Selain itu, anak-anak bisa bermain di tempat yang disediakan.

Anak-anak pun bisa bercengkrama dengan rusa. Ada penangkarannya di sana yang berada di Kampung Cai Ranca Upas. Pengunjung dapat memberi makan rusa sembari berfoto.

2. Dago Dream Park

Dago Dream Park di Lembang, Bandung, juga menyediakan wisata alam. Pemandangannya menarik dan bisa jepret sana-sini untuk mengisi foto di media sosial. Spot berfoto juga telah disediakan di lokasi.

Tak hanya itu, Dago Dream Park memiliki berbagai wahana yang layak dicoba. Contohnya Sky Tree, Geared Up, Up House, Anti Gravity, dan Aladdin Carpet. Ada pula permainan Row a Boat yang mengajak pengunjung mengelilingi kolam memakai perahu kecil bersama 2-3 orang.

3. FarmHouse Lembang

FarmHouse Lembang bisa menjadi alternatif tempat wisata selain Dago Dream Park. Area wisata ini diatur dengan gaya ala Eropa masa lalu. Pengunjung bisa berfoto dengan kostum Belanda untuk mengabadikan momen istimewa.

Di sana ada beberapa wahana menarik bagi si kecil. Contohya Mini Zoo Farm House yang memberikan kesempatan untuk pengunjung berinteraksi dengan satwa jinak seperti kelinci, angsa, iguana, burung, dan sebagainya. Ada pula spot foto di Rumah Hobbit dan gombok cinta.

4. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang memiliki koleksi 35 jenis kupu-kupu langka. Semua hewan tersebut sayang untuk dilewatkan. Tempat ini tepat sebagai lokasi wisata edukasi untuk dikunjungi anak-anak dan orang dewasa.

5. Gang Sereh

Gang Sereh berada di Bandung. Di sana menjadi wisata edukasi untuk tempat belajar membuat berbagai jenis layang-layang. Tempat ini didirikan Lie Fie Kiat (Akiat) yang pernah menjuarai festival layang-layang dunia sebanyak tiga kali.

6. The Great Asia-Africa

The Great Asia-Africa menyajikan berbagai bangunan khas Asia dan Afrika. Di sana terdapat replika desa, kebun binatang mini, toko oleh-oleh, hingga tempat makan. Pengunjung juga bisa naik gondola untuk melihat pemandangan dari atas.

Lokasinya cocok untuk fotografi. Ada pula penyewaan kostum khas untuk memberikan nilai tambah pada foto.

7. De Ranch

De Ranch memberikan sensasi wisata ala koboi. Di sana pengunjung dapat berkuda yang boleh dinaiki anak-anak dan orang dewasa. Hawanya sejuk dan pemandangannya indah khas Lembang, Bandung.

Tak hanya berkuda, ada pula pemancingan di De Ranch. Anak-anak disediakan tempat bermain khusus. Pengunjung juga dapat mencoba serunya memanah.