News - Jelang liburan sekolah kenaikan kelas tahun ajaran 2022/2023 kali ini, beberapa lokasi wisata di kawasan Bandung, Jawa Barat mulai berbenah.

Libur sekolah untuk jenjang pendidikan TK, SD, SMP hingga SMA/SMK di tanah air rata-rata mulai pada tanggal 25 Juni dan berakhir pada 7 Juli 2023.

Libur perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 menambah panjang masa liburan tersebut.

Umumnya, masa liburan panjang akan dihabiskan untuk berkunjung ke lokasi wisata di kota-kota yang terkenal dengan kawasan wisata ramah anak semisal, Yogyakarta, Malang, juga Bandung.

Kota Bandung yang dikenal sebagai Kota Kembang, banyak mendapat kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Hal itu menjadikan kawasan bersuhu dingin ini akan sangat padat di masa liburan sekolah.

Tempat Wisata Ramah Anak di Bandung

Bagi Anda yang belum pernah atau masih mencari rekomendasi lokasi wisata ramah anak di kawasan Bandung, berikut ini beberapa tujuan wisata yang bisa jadi pilihan:

1. Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang

Wisatawan berfoto dengan latar belakang kincir angin khas Negara belanda di Wisata Farm House Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). ANTARA JABAR/Raisan Al Farisi/agr

Seperti namanya, Farmhouse Lembang memiliki tema peternakan dengan aneka spot foto unik seperti Rumah Hobbit, taman bunga yang cantik, juga bangunan-bangunan bernuansa Eropa yang instagramable.

Lokasinya ada di Jl Raya Bandung - Lembang yang mudah sekali dijangkau. Beberapa peternakan hewan dapat disaksikan oleh anak, termasuk juga restoran dan kafe yang menyediakan berbagai kuliner.

Harga tiket masuk ke Farmhouse Lembang adalah Rp25.000 per orang, belum termasuk dengan biaya parkir.

2. Dago Dreampark

Dago Dreampark

Dago Dreampark. foto/https://dagodreampark.co.id/aladdin-carpet-dago-dreampark.html

Dago Dreampark mirip konsepnya dengan Farmhouse Lembang. Lokasi yang luas dilengkapi taman bunga serta spot berfoto yang terdiri dari lembah serta bukit dan bangunan dengan tema pedesaan dapat dinikmati disana.

Wahana permainan untuk anak juga dapat dinikmati, termasuk sebuah sungai kecil yang bisa ditelusuri memakai perahu sewaan. Pemandangan yang asri dapat menghilangkan lelah, demikian juga wisata kuliner yang tersedia.

Tiket masuk ke Dago Dreampark berkisar mulai Rp30 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir.

3. D’Dieuland

D Dieuland Bandung

D Dieuland Bandung. instagram/D.Dieuland

D’Dieuland terletak di kawasan pegunungan, sehingga menyajikan pemandangan alam yang indah.

Lokasi wisata ramah anak ini juga dilengkapi aneka bangunan berkonsep ala Disneyland, klasik dan menarik untuk berfoto.

Ada juga sebuah skywalk dengan tinggi 10 meter dari tanah, dengan latar pemandangan lembah yang asri penuh pepohonan. Jika ingin menikmati kuliner yang lezat, beberapa kantin serta restoran pun tersedia di D’Dieuland.

Tiket masuk kawasan wisata D’Dieuland mulai dari Rp10.000 per orang dengan tambahan biaya untuk masuk menikmati wahana permainan lainnya. Tiket belum termasuk biaya parkir.

4. Kota Mini Lembang

Kota Mini Lembang

Kota Mini Lembang. instagram/Kota_mini

Kota Mini Lembang juga berada di kawasan sejuk nan asri, dan menjadi bagian dari kawasan Floating Market Lembang atau pasar terapung di Lembang.

Pesona yang ditawarkan kawasan ini adalah dari sisi pemandangan alam, juga spot berfoto yang unik dan menarik, serta kuliner yang lezat. Tema bangunan yang ada di Kota Mini Lembang bergaya Eropa Klasik sehingga pengunjung dapat merasakan seperti sedang berada di Eropa.

Tiket masuk ke kawasan ini mulai dari Rp 25.000 per orang belum termasuk biaya parkir.

5. Museum Konferensi Asia Afrika

LIBURAN SEKOLAH DI MUSEUM KAA

Pengunjung mengamati mesin tik yang digunakan saat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Museum KAA di Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/7/2022). . ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.

Museum KAA adalah salah satu tujuan wisata sekolah yang banyak didatangi oleh siswa-siswi dari berbagai daerah.

Seperti namanya, museum ini memang menampilkan berbagai benda bersejarah terkait dengan Konferensi Asia Afrika yang berlangsung di tahun 1955 silam.

Sangat menarik untuk dikunjungi dan tidak membosankan, karena ada video dokumenter di ruang audiovisual, juga spot foto cantik di sekitar gedung.

Alamat Museum KAA ada di Jl Asia Afrika, Braga, Kota Bandung, dan sangat dekat dengan alun-alun kota. Pengunjung dipersilahkan masuk dengan gratis tanpa biaya apapun.