News - Program Prakerja telah menyelesaikan pendaftaran gelombang 67 pada Rabu (8/5/2024). Seiring dengan selesainya gelombang tersebut, penyelenggara Prakerja akan mulai membuka seleksi gelombang 68 dalam waktu dekat.

Jelang pembukaan pendaftaran Prakerja Gelombang 68, calon pelamar dapat mempersiapkan diri dengan mempelajari cara daftar dan syaratnya.

Jadwal pendaftaran Prakerja Gelombang 68 berlangsung pada 17 Mei 2024. Ini sesuai kebijakan penyelenggara yang membuka pendaftaran gelombang setiap dua pekan sekali dalam satu bulan.

Calon pendaftar Prakerja yang belum pernah berhasil lolos gelombang dapat mencoba peruntungan di seleksi kali ini.

Tujuan dan Manfaat Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program beasiswa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan di Indonesia. Program ini awalnya menyasar masyarakat pencari kerja yang ingin mengasah kemampuannya sehingga mampu mendapat kerja.

Seiring berjalannya waktu, program Prakerja turut menyasar para pekerja atau buruh yang ingin meningkatkan kemampuan dan kompetensinya. Selain itu, Prakerja juga menjadi alternatif bantuan pelatihan bagi para buruh dan pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja.

Tahun ini program Prakerja juga menyasar pelaku usaha mikro dan kecil. Dikutip dari situs Prakerja, berikut tujuan utama dari Program Kartu Prakerja:

  • Mengembangkan kompetensi angkatan kerja.
  • Meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.
  • Mengembangkan kewirausahaan.

Manfaat Prakerja 2024 adalah menerima bantuan dana persiapan kerja dan insentif dengan total Rp4,2 juta.

Jumlah tersebut terdiri dariinsentifsebesar Rp600 ribu, insentif Rp100 ribu untuk pengisian setiap survei (total ada 2), dan saldo pelatihan sebesar Rp3,5 juta.