News - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan atau Zulhas, menegaskan bahwa partainya mengusung Kapolda Jawa Tengah, IrjenAhmad Luthfi, untuk menjadi calon gubernur di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan Zulhas saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) DPW PAN Jateng di Kota Semarang, Sabtu (8/6/2024).

"Saya minta Jateng Pak Luthfi. Jadi, PAN mendukung, mengusung, memenanngkan Ahmad Luthfi untuk Gubernur Jawa Tengah periode 2014-2029," tegas Zulhas.

Kesuksesan karier dan kiprah Ahmad Lutfi menjadi pertimbangan PAN mengusungnya. "Kan, dia sukses," imbuh Zulhas.

Selain itu, Zulhas juga tidak menampik alasan dukungan untuk Luthfi karena faktor kedekatan dengan Presiden Joko Widodo. Dia pun mengklaim bahwa selama ini dia sudah intens berkomunikasi dengan Ahmad Luthfi.

"Sering, sering," jawab Zulhas saat ditanya tentang komunikasi PAN dengan Ahmad Luthfi.

Zulhas pun memerintahkan jajaran DPW PAN untuk membahas lebih lanjut rencana pengusungan Ahmad Luthfi dalam Rakorwil.

Sementara itu, Ketua DPW PAN Jateng, Sunarmin, mengatakan bahwa Ahmad Luthfi juga dijadwalkan hadir dalam Rakorwil untuk memberikan sambutan wawasan kebangsaan.

"Rencananya akan hadir, tapi siang ini beliau (Ahmad Luthfi) harus terbang ke Jakarta memenuhi tugas Kapolri," ujar Sunarmin.

Sunarmin, mewakili Ahmad Luthfi, menyampaikan permohonan maaf lantaran belum bisa menghadiri acara PAN.

Sebagai informasi, Ahmad Luthfi menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah sejak Mei 2020 dan akan memasuki masa pensiun pada 2024 ini.

Karier Ahmad Luthfi banyak berada di Jateng, antara lain pernah menjabat sebagai Kapolres Batang, Wakapolresta Solo, Kapolresta Solo, dan Wakapolda hingga Kapolda Jateng.

Dukungan kepada Ahmad Luthfi untuk maju dalam Pilgub Jateng 2024 sudah tampak dengan adanya spanduk dan baliho yang terpasang di berbagai kota di Jateng.

Sebelum menyatakan sikap resmi mendukung Ahmad Luthfi, Zulhas sudah memberi sinyal dukungan pada Senin (3/6/2024) di Jakarta.

Selain diusung PAN, Ahmad Luthfi juga masuk dalam radar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk diusung pada Pilgub Jateng 2024.

Partai Golongan Karya (Golkar) juga membuka peluang mengusung Ahmad Luthfi, meskipun partai ini tengah menyiapkan kader-kader internal seperti Bupati Kendal, Dico Ganinduto.