News - Salah satu cara menghitung rata rata nilai rapor yang praktis ialah menggunakan layanan web tertentu. Ada banyak web menghitung nilai rata-rata raport yang bisa diakses secara gratis.

Cukup dengan memasukkan data-data nilai, dalam hitungan detik akan diperoleh rata-ratanya. Dengan demikian, cara menghitung rata-rata nilai rapor maupun hasil ujian ini bisa dilakukan oleh semua orang dengan cepat.

Rata-rata nilai rapor diperlukan untuk berbagai hal, seperti menentukan kelulusan peserta didik, syarat pendaftaran siswa atau mahasiswa baru, hingga data lamaran pekerjaan.

Metode cara menghitung rata-rata nilai atau mean sebenarnya telah diajarkan di sekolah, khususnya di pelajaran Matematika. Rata-rata (mean) adalah angka yang diperoleh dari jumlah keseluruhan unsur dibagi oleh banyaknya unsur.

Berikut ini contoh cara menghitung rata-rata nilai:

  • Pertanyaan: Jamal mendapatkan nilai matematika selama satu semester meliputi: 82, 72, 95, 65, dan 70. Nilai rata-rata dari seluruh nilai matematika Jamal adalah...
  • Jawaban:
    • Jumlah keseluruhan unsur nilai: 82 + 72 + 95 + 65 + 70 = 384
    • Banyak unsur nilai: 5
    • Rumus rata-rata: Jumlah keseluruhan unsur / banyak unsur
    • Angka rata rata nilai Jamal: 384/5 = 384.
Soal di atas terbilang sederhana sehingga mudah dihitung. Untuk angka lebih besar atau banyak unsur, butuh tingkat ketelitian lebih tinggi.

Maka itu, perhitungan rata-rata untuk nilai yang lebih banyak unsurnya bisa memakai alat bantu. Layanan web menghitung nilai rata-rata raport merupakan alat alternatif yang bisa dengan mudah diakses.