News - Saaih Halilintar viral usai membuat konten TikTok yang memperlihatkan dirinya lepas burung Lovebird ke alam liar. Adik dari Atta Halilintar itu lantas menuai kritik dari pecinta burung yang menyebut Lovebirds itu seharusnya tidak dilepas. Lalu di tengah perbincangan itu, muncul pertanyaan, bisakah Lovebird hidup di alam liar?

Dalam video TikTok yang diunggahnya pada Senin (8/7/2024), terlihat anak keenam dari pasangan Lenggogeni Faruk dan Halilintar Anofial Asmid tersebut sedang melakukan olahraga lari, lalu berhenti di depan toko yang menjual burung hias.

Saaih tampak melihat Lovebird yang ada di dalam kandang toko tersebut, lalu dia merogoh kantong celananya, mencari uang tunai. Ia kemudian memutuskan untuk membeli burung Lovebird itu.

Lovebird yang dia beli berwarna jingga beraksen hijau. Saaih mengelus burung itu di tangannya, tak lama kemudian ia melepaskan burung tersebut ke alam liar. Setelah itu, Saaih dan penjual di toko tersebut melakukan “tos”. Usai dengan aksi lepas burung, Saaih lalu melanjutkan aktivitas olahraga larinya.

Video tersebut lalu mendapat banyak kritik tajam dari para pecinta burung. Tidak sedikit yang menyindir, Saaih mungkin menduga tindakan yang dia lakukan adalah hal yang tepat, dan layak mendapat pujian, karena melepaskan burung dari sangkarnya.

Tetapi, warganet mengatakan, melepaskan Lovebird ke alam liar bukanlah tindakan yang tepat dan seharusnya tidak dilakukan.

Lovebird menurut warganet adalah burung hias yang memang cocok untuk dipelihara, sebab Lovebird tidak mempunyai kemampuan mencari makan di alam dengan baik. Di alam liar, Lovebird cenderung tidak dapat memenuhi kebutuhan makanan mereka secara mandiri.