News - Asisten Kesejahteraan (Askesra) DKI Jakarta, Widyastuti, mengapresiasi petugas haji yang membantu para jemaah haji asal Jakarta setelah ibadah Armuzna. Ia menilai para petugas haji memiliki komitmen tinggi untuk mendampingi dan menjaga para jemaah haji asal Jakarta.

“Saya mengapreasi setinggi-tingginya dan hormat kepada seluruh petugas haji daerah DKI Jakarta yang bertugas saat pelaksanaan puncak ibadah Haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina [Armuzna] dan membantu para jamaah,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (22/6/2024).

Widyastuti menyatakan, komunikasi yang baik antara petugas haji, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, dan Umrah (KBIHU) dengan para jemaah menjadi kunci sukses pelaksanaan ibadah di Armuzna.

Oleh karenanya, kata dia, perlu ada perbaikan kinerja Pemprov DKI Jakarta, untuk bisa bersama-sama dengan pemerintah pusat, agar menjadi barometer penyelenggaraan ibadah haji yang akan dating.

“Kalau indikator keberhasilan haji dari kesehatan, insyaallah terjadi penurunan saat penyelenggaraan haji kali ini,” imbuh Widyastuti.

Ia berharap ke depan kebersamaan dan upaya menjaga hubungan baik dengan amirul mukminin, para ulama, pimpinan KBIHU merupakan kunci kelancaraan penyelenggaraan ibadah haji.

“Meskipun wafat suatu suratan takdir. Tapi saya titipkan kita bersama mempunyai kewajiban memberikan kesehatan baik berangkat dan pulang ibadah haji,” kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin, menuturkan para petugas telah melakukan hal yang luar biasa dalam membantu para jemaah. Oleh karenanya, silaturahmi antar petugas sangat diperlukan untuk memberikan dan sharing pengalaman.

“Makanya harus terus solid dan tetap bersilaturahmi antarpetugas haji daerah, amirul mukminin, para kiai dan pemerintah pusat. Karena perjuangan yang luar biasa telah dilakukan petugas haji daerah. Pun jika ada kendala mereka dengan cepat merespons keluhan atau masalah yang ditemui,” kata dia.