News - Pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) telah rampung. Sebelum dioperasikan secara optimal, belakangan sudah muncul wacana untuk memperpanjang jalur kereta cepat hingga Surabaya.

Dengan kereta api yang sekarang tersedia, rute Jakarta-Surabaya dapat ditempuh paling cepat sekitar 8 jam. Sementara jika menggunakan kereta cepat diperkirakan hanya butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

Riwayat upaya untuk memotong waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya dapat ditelusuri sejak masa Hindia Belanda.

Rute Batavia (Jakarta)-Surabaya telah lama terhubung dengan jaringan kereta api sejak 1 November 1894. Saat itu, jalur ini melewati beberapa kota, di antaranya Buitenzorg (Bogor), Bandung, Tasikmalaya, Ciamis, Yogyakarta, Madiun, hingga Surabaya.

“Kota-kota ini dipilih untuk dilewati jalur kereta api karena banyaknya jumlah penduduk yang bisa menjadi penumpang dan daerahnya yang subur,” ungkap Agus Mulyana dalam buku Sejarah Kereta Api di Priangan (2017, hlm. 101).

Rute ini mesti ditempuh selama dua hari. Lamanya waktu tempuh disebabkan beberapa alasan. Seperti ditulis S.A. Reitsma dalam Indische Spoorweg-politiek VII (1925), di antara penyebabnya adalah seringnya penumpang berpindah dari kereta milik perusahaan Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) ke kereta milik Staatsspoorwegen (SS) di beberapa kota.

Penumpang dari Batavia menuju Buitenzorg menggunakan kereta milik NISM, kemudian berpindah ke kereta milik SS hingga Yogyakarta. Tiba di Yogyakarta penumpang kembali pindah ke kereta milik NISM dan berpindah lagi ke kereta milik SS saat tiba di Surakarta.

Faktor geografis juga membuat kereta api belum dapat dijalankan secara kencang di daerah-daerah dataran tinggi. Saat itu, kereta api juga tidak diizinkan melakukan perjalanan malam hari karena alasan keselamatan.

Pada 1 November 1929, Pemerintah Kolonial Hindia belanda melalui Staatsspoorwegen meluncurkan Eendaagsche Express, kereta api cepat yang menghubungkan Batavia hingga Surabaya dan sebaliknya. Kereta ini membuat jarak Batavia-Surabaya bisa ditempuh dalam 13 jam.