News - Ucapan selamat Lebaran Idul Adha 2024 dalam bahasa Arab penuh doa dapat menjadi salah satu cara untuk menyemarakkan peringatan ibadah kurban yang dilakukan umat Islam setiap tanggal 10 Dzulhijjah.

Idul Adha adalah salah satu Hari Raya besar bagi umat Islam, untuk memperingati peristiwa kurban. Peristiwa di mana Nabi Ibrahim mematuhi perintah Allah SWT untuk mengorbankan Nabi Ismail, putranya sendiri.

Selain disebut sebagai Hari Raya Kurban karena peristiwa tersebut, Idul Adha juga disebut sebagai Hari Raya Haji. Pasalnya, perayaan Idul Adha bertepatan dengan puncak rangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

Adapun menurut hasil sidang Isbat Idul Adha 1445 H oleh Kementerian Agama, Hari Raya Kurban tersebut jatuh pada Senin, 17 Juni 2024 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah tahun Hijriyah. Awal bulan Dzulhijjah sendiri dimulai pada Jumat, 7 Juni 2024.

Apa Bahasa Arabnya Lebaran Idul Adha?

Lebaran Idul Adha apabila dituliskan dalam aksara Arab adalah ”عيد الأضحى”, diadaptasi dari kata 'Id' atau 'aada (yauudu)' yang artinya 'kembali', dan kata 'Adha' yakni bentuk jamak dari 'adhat' yang berasal dari kata 'udhiyah' yang artinya 'kurban'.

Secara bahasa, Idul Adha dapat diartikan sebagai 'kembali berkurban' atau hari raya penyembelihan hewan kurban. Kata أضحى (aḍḥā) dan قربان (qurbān) mempunyai sinonim makna 'kurban' (pengorbanan hewan), 'persembahan' atau 'persembahan'.

Adapun istilah Qurban diserap dari bahasa Arab qaraba-yaqrabu-qurbanan yang artinya mendekatkan diri. Merujuk dari arti tersebut, Idul Adha atau Hari Raya Kurban dapat dijadikan momen untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah swt.