News - Umat Islam di berbagai negara akan segera merayakan Hari Raya Idul Adha 2024. Saat ini menjadi waktu yang tepat untuk menyiapkan kata-kata ucapan Idul Adha 2024 untuk disebarkan kepada orang-orang terdekat.

Ucapan selamat Idul Adha 2024 bisa disampaikan dalam bahasa Inggris beserta artinya. Memberikan ucapan Idul Adha dalam bahasa Inggris bisa menjangkau lebih banyak orang, khususnya komunitas mancanegara.

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan Idul Adha 10 Zulhijah 1445 H jatuh pada 17 Juni 2024. Penetapan tanggal Idul Adha tersebut sesuai dengan hasil sidang Isbat Awal Zulhijah 1445 Hijriah, yang berlangsung pada Jumat (7/6/2024).

Bertepatan dengan perayaan Idul Adha 2024, pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri menetapkan bahwa tanggal 17 Juni 2024 adalah hari libur nasional. Selain itu, tanggal 18 Juni 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama.

Perayaan Idul Adha setiap tahun berlangsung secara meriah di Indonesia. Hal ini karena Indonesia mejadi salah satu negara dengan jumlah komunitas Islam terbesar di dunia.

Berdasarakan ajaran Islam, Idul Adha adalah hari raya untuk memperingati peristiwa Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya, Nabi Ismail sebagai bentuk kepatuhan kepada Allah.

Hari raya ini jatuh setiap tanggal 10 Zulhijah atau 70 hari setelah Idul Fitri. Saat Idul Adha berlangsung umat Islam berkumpul untuk melaksanakan salat id.

Setelah salat, umat Islam menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada fakir miskin dan orang-orang membutuhkan.

Umat Islam yang menunaikan ibadah haji melakukan wukuf di Tanah Suci. Wukuf adalah salah satu rangkaian ibadah haji berupa berdiri dan berdoa di Padang Arafah.

Wukuf dilaksankan sejak matahari terbit tanggal 9 Dzulhijjah hingga matahari terbit kembali pada 10 Dzulhijjah. Sembari umat Islam di Tanah Suci melakukan wukuf, umat Islam di tempat lain melakukan puasa Arafah.