News - Ucapan semoga menjadi haji yang mabrur kerap disampaikan kepada sanak saudara saat menyambut mereka pulang dari menunaikan ibadah haji di Tanah Suci.

Jemaah haji Indonesia 2024 gelombang pertama dijadwalkan akan pulang ke Tanah Air pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Berdasarkan pernyataan resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), keseluruhan jemaah haji Indonesia tahun 2024 akan dipastikan tiba pada pertengahan Juli, dengan pemulangan kloter kedua terakhir pada Senin, 22 Juli 2024.

Masa operasional pemberangkatan dan pemulangan adalah 30 hari dengan rincian gelombang pertama selama 15 hari dan gelombang kedua selama 15 hari.

Bacaan Doa Semoga Bisa ke Tanah Suci

Ibadah haji adalah rukun Islam kelima yang dilakukan selama lebih kurang 40 hari, tidak semua orang mendapatkan panggilan dan kesempatan untuk melakukan ibadah haji di Tanah Suci.

Karenanya saat ada yang berangkat haji, banyak pula saudara atau rekan-rekan yang belum pernah berkunjung ke Baitullah minta didoakan agar bisa ke Tanah Suci, untuk naik haji.

Dikutip NU Online, Ada doa yang bisa diamalkan Ketika Anda ingin naik haji. Berikut adalah doa semoga bisa Tanah Suci:

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah-Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya sholawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya”.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan doa berikut ini:

Allahummarzuqna ziyarota baitika almu'azzham warosulika al mukarram fii hadzal 'am wafi kulli 'am biahsanil hal

Artinya : “Ya Allah, Berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rosul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan sebaik-baiknya,”.

Kumpulan Ucapan untuk Orang Pulang Haji

Menyambut kepulangan jemaah haji yang telah menyelesaikan ibadah haji, sanak saudara biasanya akan memberikan ucapan selamat dan doa baik, harapan supaya menjadi haji yang mabrur.

Berikut ini beberapa referensi ucapan doa untuk orang pulang haji dan kata-kata semoga bisa ke tanah suci lagi yang bisa ditiru:

  1. Haji Mubarak. Semoga Allah membenamkan hidup Anda dengan kebahagiaan dan ketenangan dengan ibadah haji ini.
  2. Selamat atas ibadah haji Anda. Semoga kebahagiaan dari perjalanan suci ini dapat meningkatkan semangat Anda dengan keagungan haji. Haji yang mabrur.
  3. Semoga berkah Allah (SWT) menyinari jalan Anda, menguatkan Iman Anda dan membawa kebahagiaan surga ke dalam hati Anda. Haji Mabrur untuk Anda.
  4. Terimalah salam dan ucapan selamat dari saya. Semoga dalam ibadah haji ini membuat Anda menemukan jati diri, pengampunan, dan pertumbuhan spiritual yang luar biasa.
  5. Rekan-rekan Muslim, mari kita semua berpaling kepada Allah, mempercayakan diri kita kepada-Nya, dan mencari berkah-Nya melalui perjalanan menuju-Nya. Haji Mubarak.
  6. Haji adalah perjalanan menuju Allah untuk memohon pengampunan-Nya yang diakhiri dengan memberikan pengampunan kepada orang lain. Haji Mubarak.
  7. Kebahagiaan berarti ketika Anda melihat "Kabah" untuk pertama kalinya dan menyentuh dindingnya. Semoga Allah (SWT) memberi kita berkah untuk berada di sana.
  8. Imbalan dari menunaikan ibadah haji dengan segala persyaratannya tidak lain adalah surga! Haji Mubarak.
  9. Semoga Allah menyebut nama kita di antara mereka yang memiliki kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Amin.
  10. Penglihatan tidak dapat membatasi keindahan pemandangan suci ini, setiap pandangan sekilas adalah pengangkatan murni bagi jiwa. Selamat telah menunaikan ibadah haji.
  11. Apapun yang terjadi dalam hidup ini, percayalah bahwa kita akan selalu bisa mengatasi segalanya dengan Allah di antara kita. Semoga Allah selalu membimbing kita. Selamat telah menunaikan ibadah haji.
  12. Selamat telah menunaikan ibadah haji. Saya berdoa semoga Allah menjawab doa-doa Anda, mengampuni dosa-dosa Anda, dan menguatkan iman Anda. Semoga Allah memberkati Anda.
  13. Makna penting dari ibadah haji adalah untuk mengajarkan kita tentang persatuan, pengorbanan, dan prinsip persamaan dan persaudaraan. Haji Mubarak untuk Anda semua.
  14. Ya Allah. Berikanlah aku kemampuan untuk menunaikan ibadah haji dan tetap berada di jalan yang benar selamanya. Amin.
  15. Saya sangat bangga denganmu karena Allah telah memberimu kesempatan untuk menunaikan ibadah haji. Tolong ingatlah kami semua dalam doa-doa Anda dan mohon ampunan dari Allah SWT.
  16. Sepulang dari Tanah Suci Anda lebih sehat dan terlihat lebih baik, saya berharap semoga berkah Allah senantiasa menerangi jalan Anda dan menguatkan Anda dalam menghadapi masa-masa sulit Anda.
  17. Semoga Allah mengabulkan semua keinginan Anda. Semoga Dia membanjiri hidup Anda dengan kebahagiaan dan kegembiraan dengan ibadah haji ini. Semoga Anda menjadi haji yang mabrur.
  18. Ada beberapa berkah yang menanti kita di surga jika kita menunaikan ibadah haji dengan semua persyaratannya. Selamat menunaikan ibadah haji untuk semua saudara seiman.
  19. Selamat atas ibadah haji Anda. Semoga Allah melimpahkan berkah kepada Anda, keluarga, dan teman-teman Anda di hari yang istimewa ini. Haji Mubarak.
  20. Kebahagiaan datang ketika Anda dapat meluangkan waktu untuk mengucapkan selamat karena telah menunaikan ibadah haji kepada teman dan keluarga.
  21. Semoga berkah Allah tercurah kepada Anda semua. Semoga Dia memberikan apa yang Anda butuhkan dalam hidup Anda dan menerima doa-doa Anda. Haji Mubarak.
  22. Ya Allah, berilah kami kesempatan untuk menunaikan ibadah haji seperti yang telah dilakukan oleh saudara kami. Amin.
  23. Ada lima rukun Islam yang membuat kegembiraan dan keberkahan datang dari Allah. Haji adalah salah satu rukun istimewa yang kita laksanakan untuk mencari hidayah Allah. Semoga Anda menjadi haji yang mabrur.
  24. Selamat datang kembali, Haji/Hajjah! Semoga setiap langkah yang kau ambil di Tanah Suci membawa berkah tak terhingga dalam hidupmu.
  25. Selamat atas kembalinya dari Tanah Suci. Semoga Allah menerima semua amal ibadahmu dan menghapus semua dosa-dosamu.
  26. Alhamdulillah, kau telah kembali dengan selamat. Semoga segala doa dan harapan yang kau panjatkan di Mekkah dan Madinah dikabulkan oleh Allah SWT.
  27. Mabrur hajinya! Semoga keberkahan dan rahmat Allah senantiasa menyertai setiap langkahmu.
  28. Selamat atas perjalanan sucimu yang penuh berkah. Semoga hidupmu kini lebih damai dan penuh dengan ridha Allah.
  29. Selamat kembali dari ibadah haji. Semoga engkau menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah SWT.
  30. Semoga semua perjuangan dan doa yang kau panjatkan selama di Tanah Suci membawa berkah untukmu dan keluargamu.
  31. Selamat datang kembali, Haji/Hajjah. Semoga Allah memberikan kekuatan untuk menjaga kemabruran hajimu.
  32. Alhamdulillah, engkau telah menunaikan rukun Islam yang kelima. Semoga perjalanan suci ini membawa perubahan positif dalam hidupmu.
  33. Selamat atas hajinya yang mabrur. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepadamu dan keluargamu.
  34. Selamat datang kembali dari Tanah Suci. Semoga perjalanan spiritual ini menjadikanmu pribadi yang lebih bersyukur dan ikhlas.
  35. Alhamdulillah, engkau telah kembali. Semoga segala doa dan niat baikmu diterima oleh Allah dan hidupmu penuh berkah.
  36. Selamat atas kesuksesanmu menunaikan ibadah haji. Semoga menjadi pribadi yang lebih baik dan taat kepada Allah SWT.
  37. Selamat datang kembali, Haji/Hajjah. Semoga Allah selalu melimpahkan hidayah dan keberkahan-Nya dalam hidupmu.
  38. Selamat menjalankan ibadah haji. Semoga semua pengorbanan dan ibadahmu diterima dan mendapat pahala yang berlipat ganda.
  39. Selamat kembali dari Tanah Suci. Semoga setiap langkah dan doa yang kau panjatkan membawa berkah yang melimpah dalam hidupmu.
  40. Alhamdulillah, engkau telah pulang dengan selamat. Semoga hajimu mabrur dan hidupmu selalu dalam lindungan Allah SWT.
  41. Selamat kembali dari perjalanan spiritual yang suci. Semoga keberkahan haji selalu menyertaimu dan keluargamu.
  42. Selamat atas kembalinya dari ibadah haji. Semoga setiap doa yang kau panjatkan di Tanah Suci dikabulkan oleh Allah SWT.
  43. Selamat datang kembali, Haji/Hajjah. Semoga Allah menerima semua ibadah dan doamu, serta memberimu kehidupan yang lebih baik dan penuh berkah."