News - Selain untuk membersihkan kulit, sabun juga membantu menjaga kulit tetap halus. Namun, tidak semua sabun memiliki khasiat dan jenis yang sama. Sabun dapat sangat bervariasi, baik dari segi susunan kimianya dan efek klinisnya pada kulit, demikian ditulis Verywellhealth.

Efek sabun pada kulit juga bergantung pada jenis kulit dari masing-masing individu. Oleh karena itu, memilih sabun yang tepat sesuai jenis kulit menjadi hal yang penting untuk hasil yang maksimal. Berikut panduan memilih sabun terbaik untuk berbagai jenis kulit melansir The Health Site.

Kulit berminyak

Kulit menghasilkan sebum, yang merupakan minyak alami. Produksi minyak ini bervariasi pada masing-masing individu. Orang dengan kulit berminyak memiliki kelenjar sebaceous yang bekerja terlalu keras. Mereka kemudian lebih rentan berjerawat.

Orang dengan jenis kulit seperti ini harus sering mencuci muka dan juga berusaha menghindari penggunaan sabun yang kuat.

Periksa bahan-bahan sabunnya dan beli sesuatu yang mengandung garam laut, oatmeal, gula merah, atau biji persik.

Ini lembut untuk kulit dan membersihkan minyak berlebihan, dengan demikian mengurangi kerusakan pada kulit. Jika kulit tidak terlalu sensitif maka juga bisa mencoba sabun eksfoliasi ringan yang bisa digunakan 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

Kulit kering

Sebum penting untuk kulit, tetapi sekresi tidak boleh terlalu tinggi atau rendah. Ketika produksi sebum lebih rendah dari kisaran optimal, maka akan menghasilkan kulit kering.

Saat memilih sabun untuk kulit kering, pastikan bahan-bahan di dalam sabun tersebut memiliki sifat melembabkan.

Memilih sabun yang mengandung gliserin adalah pilihan terbaik. Gliserin memiliki sifat melembabkan dan dapat menyerap air yang ada di udara. Ini akan menjaga kelembapan kulit untuk waktu yang lebih lama.

Orang dengan kulit kering juga dapat memilih sabun yang mengandung minyak nabati, mentega kakao, lidah buaya, minyak kelapa, minyak jojoba dan alpukat jika kulit kering.

Kulit sensitif

Jika memiliki kulit sensitif, maka harus memastikan bahwa sabun yang dipilih memiliki tingkat pH yang seimbang, tidak ada pewarna atau pewangi di dalamnya. Sabun jenis ini banyak dijual di pasaran.

Kulit kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang memiliki sifat kering dan berminyak. Jika memiliki jenis kulit seperti ini, sebaiknya hindari sabun yang diproduksi khusus untuk kulit berminyak atau kulit kering.

Sabun untuk kulit berminyak membuat bagian yang berminyak semakin berminyak dan sabun pada kulit kering membuat bagian yang kering semakin kering. Sabun gliserin adalah pilihan yang baik untuk individu dengan kulit kombinasi.

Kulit normal

Jenis kulit ini sangat berlawanan dengan kulit kombinasi. Kulit normal tidak terlalu kering atau tidak terlalu berminyak. Orang dengan kulit normal juga harus menghindari sabun kulit kering dan sabun kulit berminyak. Individu dengan kulit normal bisa menggunakan sabun herbal.