News - Saat cuaca panas, air conditioner atau AC bisa jadi penyelamat untuk memberikan kesejukan di dalam ruangan. Namun, menyalakan AC tidak boleh sembarangan. Bisa-bisa mesin di dalam AC akan cepat rusak.

Bila kamu mau AC bekerja lebih efisien dan cepat dingin, coba ikuti beberapa hal berikut ini.

1. Atur Suhu AC

Pertama-tama, hindari langsung menyetel suhu terlalu rendah yang dapat membebani mesin dan meningkatkan konsumsi energi. Sebaliknya, pilih suhu sekitar 22-24 derajat celcius untuk mencapai kesejukan optimal tanpa mengorbankan efisiensi.

2. Tutup Pintu dan Gorden

Biar udara AC di dalam ruangan merata, kamu bisa menutup pintu dan jendela. Hal ini bertujuan untuk mencegah udara dingin keluar dan panas masuk. Selain itu, tutup gorden atau tirai untuk mengurangi paparan sinar matahari langsung. Dengan begitu, suhu ruangan bisa tetap stabil.

3. Pasang AC pada Mode Swing

Aktifkan mode ini agar suhu di dalam ruangan bisa lebih sejuk secara merata. Tentu, kalau distribusi udara cukup baik, maka ruangan akan lebih cepat terasa dingin.

4. Manfaatkan Fungsi Timer

Kamu bisa mengatur waktu beroperasi AC sesuai kebutuhan dengan fitur satu ini. Misalnya, ketika tidur di malam hari, kamu bisa memasang fitur ini supaya mati otomatis pada jam yang telah ditentukan. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga menghemat biaya energi.

5. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Terakhir, pastikan kamu rutin membersihkan filter AC secara teratur. Selain itu, periksa sistem pendingin dan pastikan tidak ada kebocoran yang dapat menghambat kinerja AC.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan biar AC berjalan dengan baik dan fungsional. Nah, kamu dapat belanja berbagai alat elektronik, termasuk TV LED dan mesin cuci, hanya di ruparupa.

Di sini, kamu juga bisa membeli perlengkapan rumah tangga lainnya dari merek-merek ternama milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, THYS, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi.