News - Suhu tubuh pada manusia bisa berbeda-beda. Namun secara normal, suhu yang tepat pada tubuh manusia kurang lebih sebesar 98,6º F. Sedangkan suhu badan orang dewasa umumnya berkisar dari 97,8ºF hingga 99,0ºF.

Suhu di dalam tubuh manusia diatur oleh hipotalamus dan sistem saraf otonom supaya dapat berada dalam keadaan normal. Namun, adakalanya suhu badan manusia mengalami kenaikan atau kerap disebut dengan stres panas.

Stres panas dapat dipengaruhi berbagai keadaan, di antaranya seperti cuaca panas yang ekstrem, sumber makanan tertentu, dan faktor lainnya. Dilansir dari laman Healthline, beberapa alasan umum yang menyebabkan tubuh mengalami stres panas sebagai berikut:

1. Memiliki penyakit inflamasi, seperti infeksi. Penyakit inflamasi dapat menyebabkan demam pada tubuh. Hal tersebut juga menunjukan bahwa tubuh sedang mengalami sesuatu yang tidak biasa.

2. Memiliki kelainan tiroid yang disebut dengan hipertiroidisme. Adanya kelainan tiroid dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon tiroid yang berlebihan.

3. Menghabiskan waktu dalam cuaca yang sangat panas dan lembab.

4. Mengenakan pakaian sintetis yang ketat. Jenis bahan sintesis bisa menyebabkan kelembapan dan mempersulit ketika bernapas.

5. Makan-makanan yang pedas, berminyak, atau digoreng dapat memicu terjadinya stres panas. Selain itu, bahan makanan seperti kacang-kacangan, daging, dan makanan berprotein tinggi lainnya juga dapat menyebabkan stres panas.

6. Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein atau alkohol.

7. Melakukan latihan fisik secara intensif dapat menyebabkan peningkatan panas pada tubuh manusia. Hal tersebut dapat terjadi lantaran otot bekerja secara aktif dan sirkulasi darah menghasilkan banyak panas akibat terus bergerak.

8. Stres panas juga dapat disebabkan kondisi medis tertentu di dalam tubuh manusia seperti terdapat radang sendi, leukemia, dan gangguan saraf.

9. Mengonsumsi obat-obatan juga dapat memicu stres panas pada tubuh, beberapa obat-obatan tersebut seperti antibiotik tertentu, opioid, dan antihistamin.

10. Dehidrasi merupakan keadaan di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan. Dehidrasi dapat memicu terjadinya stres panas sebagai akibat suhu normal tubuh terganggu.

Tips dan Cara Menurunkan Panas Badan

Suhu panas (stres panas) yang tinggi pada tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Sehingga diperlukan penanganan yang tepat. Dikutip dari laman Mediacal News Today, beberapa tips untuk mengurangi panas tubuh sebagai berikut:

1. Minum cairan dingin

Minum cairan bersuhu dingin seperti air maupun es teh merupakan salah satu cara mudah untuk menurunkan suhu tubuh. Selain itu, adanya pemenuhan asupan cairan yang cukup dapat menghindari terjadinya dehidrasi.

2. Pergi ke suatu tempat dengan udara yang lebih sejuk

Menurutkan tubuh badan dapat dilakukan dengan mengunjungi tempat dengan suhu luar yang dingin. Pada keadaan tersebut, tubuh akan mengalami pengurangan panas secara konveksi.

3. Berendam di air dingin

Berenang atau mengoleskan air dingin ke tubuh merupakan cara yang mudah untuk menurunkan suhu panas tubuh. Dalam hal ini, suhu tubuh akan menurun sebagai akibat terjadinya proses konduksi.

4. Oleskan air dingin ke titik-titik penting pada tubuh

Menempatkan air dingin (es) pada beberapa titik bagian tubuh seperti pergelangan tangan, leher, dada, dan pelipis. Bagian badan tersebut merupakan tempat di mana pembuluh darah dekat dengan permukaan. Sehingga, upaya tersebut dapat membuat tubuh terasa lebih sejuk.

5. Kurangi bergerak

Dalam upaya mengurangi suhu panas pada tubuh, sebaiknya dilakukan pengurangan gerakan.

6. Kenakan pakaian yang lebih ringan dan lebih menyerap keringat

Kenakan pakaian yang lebih mudah untuk menyerap keringat seperti kain alami berbahan dasar katun dan linen.

7. Minum suplemen pengatur panas

Mengonsumsi suplemen dapat membantu mengatur suhu pada tubuh sehingga dapat mencapai ukuran stabil.

8. Bicaralah dengan dokter tentang kesehatan tiroid

Melakukan komunikasi dengan dokter apabila mengalami gejala tiroid aktif yang memicu peningkatan suhu badan. Sehingga, akan mendapatkan penanganan yang tepat dan lebih dalam.