News - Presiden terpilih Prabowo Subianto membentuk Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran. Tim ini dibentuk untuk menyiapkan pemerintahan berikutnya.

Tim ini diisi orang-orang yang berasal dari Partai Gerindra yaitu Ketua Harian Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad sebagai ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani sebagai wakil ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi.

Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan, mengapa Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran hanya diisi oleh kader dari Gerindra. Alasannya, karena anggota dipilih langsung oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai hak prerogatif.

“Presiden terpilih boleh saja kemudian membentuk tim tersendiri untuk mencari data sebagai bahan masukan dan kajian terkait hak khusus yang dijamin oleh Undang-undang,” jelas Dasco dihubungi Tirto, Minggu (2/6/2024).

Dasco menjelaskan, hasil kerja dari Tim Gugus Tugas Sinkronisasi yang dibentuk oleh Prabowo akan menjadi bahan kajian atau pertimbangan bagi presiden terpilih dalam membuat kebijakan strategis. Itu lah mengapa, kata dia, keputusan pembentukan tim ini menjadi hak prerogatif presiden terpilih.

“Hak prerogatif ini juga adalah hak presiden terpilih,” ujar Dasco.

Menurutnya, tim bekerja untuk mencari data dan sinkronisasi untuk pemerintahan selanjutnya. Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Sinkronisasi sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian Keuangan bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, Jumat (31/5/2024).

“Karena itu yang khusus berkaitan dengan kebijakan strategis dan hak prerogatif presiden terpilih kebijakannya,” terang Dasco.

Lebih lanjut, Dasco belum bisa menyebutkan kementerian/lembaga pemerintah mana yang selanjutnya akan disambangi tim. Dia berujar masih menunggu arahan Prabowo untuk langkah selanjutnya.

“Kita menunggu arahan dari Presiden terpilih arahan mencari melakukan sinkronisasi mencari data yang diperlukan di kementerian mana, justru masih menunggu arahan,” ungkap Dasco.

Sebagai informasi, Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran dipimpin oleh Sufmi Dasco Ahmad. Wakil Ketua tim diisi oleh Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani.

Sementara itu, anggota tim terdiri dari Bendahara Umum Gerindra Thomas Djiwandono, Wakil Ketua Umum Gerindra Budisatrio Djiwandono, Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono, dan Ketua OKK DPP Partai Gerindra Prasetiyo Hadi.