News - Pendaftaran CASN 2024 meliputi seleksi CPNS dan PPPK diprediksi akan dibuka antara bulan Juni atau Juli 2024.

Informasi tersebut disampaikan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas dalam konferensi pers pengadaan CASN tahun ini pada 3 Mei 2024 lalu. CASN sendiri merupakan akronim dari Calon Aparatur Sipil Negara.

Seleksi CASN 2024 terdiri atas seleksi untuk CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Sejumlah kementerian telah mengumumkan kebutuhan dan formasi untuk CASN 2024.

Total formasi masing yang disetujui adalah sebanyak 1.289.824, meliputi 427.650 formasi untuk penempatan di instansi pusat dan 862.174 formasi untuk penempatan di instansi daerah.

Jumlah tersebut termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di IKN (Ibu Kota Nusantara) dan pemerintah daerah. Adapun total tersebut merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan ASN sebesar 2,3 juta secara bertahap.

Rangkaian pendaftaran akan dilaksanakan secara daring melalui laman resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id

Meski belum ada jadwal yang diumumkan oleh badan pemerintahan terkait, pendaftar sudah bisa mempersiapkan diri dan melengkapi dokumen persyaratan. Utamanya untuk pendaftar CPNS Guru 2024 dapat menyimak informasi syarat umum dan dokumen daftar CPNS 2024 dalam artikel ini.

Syarat CPNS Guru 2024

Berikut adalah syarat CPNS Guru 2024 yang dapat dijadikan acuan persiapan agar mampu lulus seleksi:

1. Syarat Umum

  • Pendaftar merupakan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) yang berintegritas tinggi dan berdedikasi di dunia pendidikan.
  • Minimal berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat mendaftar.
  • Pendaftar dalam keadaan sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter.
  • Tidak dikenai hukuman penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana.
  • Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan PNS, anggota TNI/Polri atau pegawai swasta.
  • Pendaftar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
2. Syarat Khusus

  • Mengantongi ijazah S1 Pendidikan (S.Pd) sebagai landasan utama dalam bidang pendidikan. Ijazah ini mencakup aspek teori dan praktik, mempersiapkan calon guru dengan pemahaman yang mendalam untuk berkontribusi dalam lingkungan kelas.
  • Calon guru juga diwajibkan memiliki sertifikat pendidik Program Profesi Guru (PPG). Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh para guru agar siap menghadapi berbagai tantangan dalam dunia pendidikan.

Syarat Dokumen Daftar CPNS 2024

Selain persyaratan yang disebutkan, pendaftar CPNS 2024 juga wajib melampirkan sejumlah dokumen persyaratan. Berikut adalah dokumen-dokumen yang harus disiapkan oleh pendaftar CPNS:

1. Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.

2. Kartu Keluarga.

3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

4. Ijazah.

5. Transkrip Nilai yang telah dilegalisir.

6. Pas foto terbaru.

7. Swafoto.

8. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

9. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.

10. Surat keterangan sehat dari dokter.