News - Spotify dan Apple Music merupakan dua dari sekian banyak platform streaming musik yang cukup populer dan digunakan secara luas. Namun, para pengguna sering kali bimbang dalam memilih di antara keduanya untuk menikmati musik.

Dua platform streaming musik tersebut sama-sama menawarkan berbagai fitur, termasuk mendengarkan lagu secara luring dan papan lirik. Pengguna dapat menikmati musik favorit di mana pun dan kapan pun.

Harga Apple Music vs Spotify juga cukup kompetitif dengan penawaran yang beragam. Lantas, Spotify vs Apple Music, mana yang lebih baik?

Perbedaan Spotify dan Apple Music

Untuk mengetahui lebih baik mana antara Spotify dan Apple Music, pengguna perlu memahami perbedaan keduanya. Dengan begitu, pengguna dapat menentukan mana yang lebih baik antara Spotify vs Apple Music. Dirangkum dari situs CNET dan Life Hacker, berikut perbedaan antara Spotify dan Apple Music.

1. Kualitas audio Spotify vs Apple Music

Apple Music menawarkan file audio lossless tanpa biaya tambahan. Layanan ini sangat cocok bagi pengguna yang punya perangkat audio berkualitas tinggi. Selain itu, Apple Music mendukung Spatial Audio yang memberikan pengalaman streaming yang lebih baik.

Meskipun tidak menyediakan opsi lossless yang standar seperti Apple Music, Spotify telah mulai menguji dan merilis opsi lossless dan kualitas audio lebih baik dalam beberapa waktu terakhir.

Spotify menawarkan empat tingkat kualitas audio, yaitu rendah (24 kbps), normal (96 kbps), tinggi (160 kbps), dan sangat tinggi (320 kbps). Opsi kualitas audio sangat tinggi hanya tersedia bagi pengguna Spotify Premium.

2. Antarmuka pengguna dan navigasi

Spotify memiliki antarmuka yang sederhana sehingga memudahkan pengguna menemukan konten secara cepat.

Di sisi lain, antarmuka Apple Music cenderung lebih padat, meskipun punya fitur kontrol suara yang kuat melalui Siri.

3. Integrasi musik dan podcast

Spotify mengintegrasikan musik dan siniar dalam satu platform sehingga pengguna bisa mengakses keduanya secara mudah.

Sementara itu, Apple mengembangkan dua aplikasi yang berbeda untuk layanan streaming musik dan siniar.

4. Konektivitas sosial

Spotify memiliki fitur sosial yang kuat, seperti playlist kolaboratif dan rekomendasi berbasis algoritma. Hal ini meningkatkan pengalaman sosial pengguna dalam mendengarkan musik ataupun siniar.

Sementara itu, Apple Music kurang menonjol dalam hal keterlibatan sosial ini.

5. Konten eksklusif

Apple Music menawarkan beberapa konten eksklusif, seperti video spesial dan album tertentu.

Meskipun Spotify juga memiliki konten eksklusif, kepunyaan Apple Music dinilai lebih menonjol.

6. Kompatibilitas platform

Spotify tersedia di berbagai perangkat, termasuk konsol game dan speaker pintar.

Sebaliknya, Apple Music lebih terbatas dalam hal kompatibilitas tetapi terintegrasi dengan baik dengan perangkat Apple.

7. Nilai dan harga Apple Music vs Spotify

Apple Music memberikan nilai tambah ketika dibundel dengan layanan Apple lainnya, seperti Apple TV+ dan Apple Arcade. Meskipun Spotify punya fitur gratis yang lebih luas, layanan premium Apple Music dinilai lebih menarik bagi pengguna yang berada dalam ekosistem Apple.

Secara umum, harga berlangganan Apple Music dan Spotify berbeda-beda, bergantung pada pilihan paket yang dipilih.

Bagi pengguna baru, Spotify menawarkan harga berlangganan mulai Rp54 ribuan selama 4 bulan. Setelah itu, harganya menjadi Rp54 ribu per bulan.

Sementara itu, pengguna Apple Music akan mendapatkan langganan gratis 6 bulan saat kali pertama membeli perangkat Apple. Adapun harga berlangganan di bulan lainnya adalah Rp55 ribu per bulan.

8. Algoritma playlist dan rekomendasi

Spotify dikenal lebih baik dalam merekomendasikan musik berdasarkan preferensi pengguna. Platform ini bahkan mengelompokkan kesukaan pengguna berdasarkan waktu pemutaran dan genre.

Meskipun Apple Music terus memperbaiki algoritmanya, Spotify masih unggul perihal ini.

9. Podcast dan buku audio

Spotify menyediakan berbagai siniar, konten eksklusif, dan perpustakaan buku audio yang besar. Apple Music juga menawarkan podcast dan buku audio tetapi pilihannya cenderung lebih sedikit.

10. Integrasi perangkat

Apple Music terintegrasi dengan baik dengan perangkat Apple lainnya sehingga memungkinkan akses mudah ke perpustakaan musik pribadi di semua perangkat.

Spotify juga memungkinkan akses ke perpustakaan musik pribadi tetapi tidak sebaik Apple Music.

Mana yang Lebih Baik, Spotify atau Apple Music?

Menentukan platform musik terbaik antara Spotify vs Apple Music sangat bergantung pada preferensi individu serta kebutuhan pengguna.

Pilihan antara Spotify dan Apple Music pada akhirnya mesti disesuaikan dengan preferensi pribadi pengguna terkait dengan kualitas audio, pengalaman, dan integrasi dengan perangkat lainnya.

Bagi pengguna yang mengejar kualitas audio tertinggi dan memiliki perangkat Apple, Apple Music mungkin menjadi pilihan yang lebih sesuai.

Sementara itu, bagi orang yang mencari pengalaman streaming yang lebih terhubung secara sosial dan intuitif, serta beragam pilihan musik, Spotify bisa menjadi pilihan yang lebih menarik.