News - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengumumkan pemberlakukan Analog Switch Off (ASO) di wilayah siaran TV digital Jawa Timur-1 berlaku mulai 20 Desember 2022, pukul 24.00 WIB. Artinya, tengah malam nanti semua siaran televisi yang berbasis analog dimatikan. Masyarakat bisa menikmati siaran TV melalui channel digital.

Adanya ASO di wilayah siaran Jawa Timur-1 berdampak pada berhentinya siaran TV analog yang ada 10 kota/kabupaten di provinsi tersebut. Daerah yang terdampak meliputi Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Pasuruan. Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Pasuruan.

Masyarakat yang masih belum memiliki perangkat TV digital, bisa menambahkan alat set top box (STB) pada TV tabung atau TV layar datar analog miliknya. Perangkat TV analog tidak bisa untuk menangkap siaran digital begitu saja, tanpa bantuan STB. STB berfungsi mengubah sinyal digital menjadi analog yang bisa diterima oleh perangkat TV analog.

"Untuk masyarakat Surabaya dan sekitarnya, yang akan melaksanakan ASO pada tanggal 20 Des 2022 pukul 24.00, supaya dari sekarang yang masih menggunakan TV analog untuk melengkapinya dengan STB," kata Direktur Penyiaran Kementerian Kominfo Geryantika Kurnia, seperti dikutip Antara.