News - Syarifah Salma, istri Habib Luthfi, meninggal dunia di usia yang ke-66 tahun pada Selasa, 28 Mei 2024 sekira pukul 21.55 WIB saat dirawat di Rumah Sakit Budi Rahayu Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Berikut informasi mengenai silsilah keluarga Syarifha Salma dan biodatanya.

Syarifah Salma dishalatkan di Masjid Jami’ Kauman. Menurut rencana, almarhumah akan dimakamkan di komplek pemakaman Sapuro, Kota Pekalongan pada hari ini, Rabu (29/5/2024) sekitar pukul 14.00 WIB.

Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pekalongan, H Muhtarom, mengkonfirmasi kabar wafatnya istri dari anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tersebut. Dia mengatakan, bahwa Syarifah Salma adalah tokoh perempuan yang dekat dengan masyarakat tanpa membedakan latar belakang.

"Semuanya diterima dengan baik dan sangat familiar, semoga almarhumah min ahlil khair," kata Muhtarom dikutip NU Jateng.

Rais Idarah Syu'biyah Jamiyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Kota Pekalongan Habib Hasyim Basyaeban, mengatakan terkejut atas kabar duka tersebut, meskipun dirinya beberapa waktu lalu menerima kabar bahwa kondisi almarhum memang sedang kurang sehat.

“Kabar kepergian Kak Salma panggilan akrab almarhumah sangat mengejutkan dan mengagetkan kita semua, semoga almarhum min ahlil khair,” ujarnya.

Kabar duka berpulangnya istri dari Habib Lutfi itu dengan cepat menyebar melalui sosial media. Ucapan bela sungkawa mengiringi kepergiannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara pribadi pergi melayat ke Pekalongan pada hari ini. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Pelaksana Tugas Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

"Bapak Presiden pagi ini akan melayat Ibu Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari Habib Luthfi bin Yahya," kata Yusuf Permana, hari ini, Rabu (29/5/2024).

Silsilah Keluarga Syarifah Salma

Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya wafat di usianya yang ke-66 tahun, dengan demikian ditaksir ia lahir pada tahun 1958. Syarifah dikenal publik sebagai istri dari Habib Luthfi yang merupakan sayyid, kiai, ulama, mursyid sekaligus da’i.

Semasa hidupnya, Syarifah dikenal sebagai pribadi yang ramah di lingkungan masyarakat. Meski merupakan istri seorang Habib, ia dikatakan merupakan tokoh perempuan di Pekalongan yang tidak membeda-bedakan orang dalam bergaul.

Ia adalah istri yang selalu mendukung kegiatan sang suami, Syarifah kerap terlihat menemani Habib Luthfi saat berdakwah atau ketika menjalankan tugas sebagai anggota Wantimpres.

Syarifah Salma dan Habib Luthfi dikaruniai lima orang anak, mereka adalah Habib Baha'udin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni'matuz as-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, Habib Muhammad Syarif Hidayatullah al-Huseini.

Sang suami, Habib Luthfi diketahui memiliki garis keturunan langsung kepada Nabi Muhammad dari jalur ibu maupun ayah. Nasab dari ibu dan ayahnya itu sama-sama berasal dari Sayidatina Fatimah Az-Zzahra dan Ali bin Abi Thalib.

Dari jalur ibu, Habib Luthfi merupakan generasi ke 35 dari Nabi Muhammad, sementara dari jalur ayah dia adalah generasi ke 37 dari Nabi Muhammad.

Habib Luthfi adalah putra dari pasangan al-Habib al-Hafidz Ali al-Ghalib dan Sayidah al-Karimah Syarifah Nur binti Sayyid Muhsin Maula Khilah.