News - Sosok Teguh Aprianto memberikan tanggapan tentang peretasan PDN atau Pusat Data Nasional yang menghebohkan publik dalam beberapa waktu belakangan. Lantas, siapa sebenarnya Teguh Aprianto? Apa pula katanya soal peretasan PDN?

Teguh Aprianto diundang menjadi bintang tamu dalam podcast kanal YouTube Deddy Corbuzier. Perbincangan antara Teguh dan Deddy membahas mengenai insiden peretasan PDN yang sempat melumpuhkan ratusan sistem layanan pemerintahan beberapa waktu lalu.

Dalam perbincangan tersebut, Teguh mengatakan kalau dirinya bisa saja meretas sistem digital milik instansi pemerintahan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Pernyataan tersebut dilontarkan Teguh, saat menjawab pertanyaan Deddy yang mempertanyakan tingkat kesulitan meretas instansi pemerintahan.

“Elu kan bisa nge-hack pakai beberapa caralah. Nah, ngehack instansi bukankah harusnya lebih sulit?,” tanya Deddy dikutip unggahan video kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Selasa (9/7/2024).

“Gua enggak butuh waktu lebih dari 5 menit,” ucap Teguh.

“Nge-hack instansi elu enggak butuh waktu lebih dari 5 menit?,” tanya Deddy kembali.

“Iya, elu tinggal pilih instansi mana?,” jawab Teguh.

“Euy banyaknya ni kalau mau,” ujar Deddy sambil tertawa.

Teguh lalu menjelaskan, instansi punya banyak internal akses sistem. Dia merujuk pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut, pemerintah Indonesia mempunyai ribuan aplikasi.

Aplikasi tersebut kata Teguh digunakan untuk mengelola banyak hal. Jika cuma masuk dan menyusup ke dalam sistem, hal tersebut adalah perkara mudah.

Setelah menjawab seperti itu, Teguh dengan lantang mengatakan bahwa kasus PDN itu sebenarnya bisa diulang setiap hari. Dia menambahkan bahwa kondisi pertahanan digital pemerintah Indonesia saat ini memang demikian adanya.