News - Sosok TikToker yang berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Rico Dwi Cahyono, viral di sosial media karena tindakan plagiasi terhadap karya seni orang lain.

Kasus plagiat yang dilakukan oleh Rico Dwi Cahyono ini menjadi sorotan publik setelah salah satu akun TikTok seniman @dopackinginjun alias Jack mengunggah ulang video yang menunjukkan Rico saat sedang mengakui karya miliknya.

Dalam video itu terlihat Rico bersama temannya sedang membuat gambar yang terinspirasi dari cerita rakyat Timun Emas. Rico dalam video itu menyebut bahwa gambar yang dibuatnya itu merupakan art style sendiri.

Jack lalu mengungkap dalam videonya, karya yang disebut oleh Rico sebagai “art style sendiri” itu merupakan karya asli miliknya. Rico terbukti menjiplak atau plagiat karya seni milik Jack dan mengakui sebagai miliknya.

“#stitch with @ricodwichy [CASE CLOSED] Btw ini kerjaan magangku dulu di studycle. Bisa disearch di youtube Kisah Timun Mas dan Raksasa Studycle,” tulis akun TIkTok @dopakinginjun atau Jack pada Jumat (7/6/2024).

Postingan Jack itu sontak dibanjiri komentar warganet, banyak yang memberikan hujatan kepada Rico Dwi Cahyono. Tidak sedikit yang berpendapat seharusnya seorang seniman yang baik tidak akan pernah menjiplak karya orang lain.

Ada pula yang menilai Rico hanya memahami teknik melukis dan mewarnai saja, tapi nihil imajinasi, sehingga dia menjiplak agar dapat produktif.