News - Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi waktu tertentu bertujuan untuk meningkatkan efisienfi pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Senam aerobik merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan, dapat dilakukan oleh banyak orang dan semua kalangan. Oleh karena itu senam aerobik menjadi salah satu jenis olahraga yang banyak dipilih orang untuk menjaga kebugaran tubuhnya.

Karena menyenangkan dan dapat menjaga kebugaran tubuh, senam aerobik dikategorikan menjadi salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk hidup.

Sejarah Senam Aerobik di Indonesia

Mengutip modul Sehat Negeriku dengan Senam Aerobik (2018), pada tahun 1970–an, sejarah senam aerobik dimulai di Amerika Serikat. Namun Setelah sepuluh tahun berlalu, yaitu tahun 1980–an barulah senam aerobik masuk ke Indonesia.

Awalnya senam ini oleh masyarakat Indonesia dikenal dengan kegiatan kebugaran dan rekreasi, tetapi senam aerobik ini menarik banyak minat dari masyarakat Indonesia.

Pada saat itu, senam aerobik masih bernamakan fitaerobics dan mulai berganti menjadi aerobik pada tahun 1990–an karena ada perkembangan dalam jumlah organisasinya yang dari waktu ke waktu semakin pesat atau meningkat.

Dengan perkembangannya yang dari waktu ke waktu semakin meningkat, bertambahlah kategorinya mulai dari trio dan berpasangan.

Peraturan perlombaan senam aerobik terus menerus dibenahi atau diubah karena teknik dan tingkat kemajuan fisik dari para atlet yang semakin meningkat.

Kemudian dibentuklah International Aerobics Federation (IAF) yang merupakan sebuah federasi yang menaungi semacam olahraga aerobik yang berada di Tokyo, Jepang.

Perkembangan senam aerobik sendiri dimulai dari tahun 2000, yaitu pertama kalinya olahraga senam aerobik ini diikutsertakan ke dalam event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XV di kota Surabaya.

Setelah itu, olahraga ini telah memiliki banyak peminat dari berbagai penjuru di negara Indonesia.

Kemudian pada tahun 2005, nama sports aerobics berubah menjadi aerobics gymnastic dan peraturannya yang juga ikut berubah dengan beberapa kualifikasi nomor yang dipertandingkan terdiri dari single (solo), couple, trio, dan group.

Manfaat Senam Aerobik

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang sangat besar dengan melakukan senam aerobik:

1. Menguatkan Otot dalam Tubuh

Dengan kegiatan senam aerobik ini kita bisa membuat otot menjadi lebih kuat karena intensitas dalam melakukan senam aerobik yang tinggi serta variasi gerakannya ada yang tinggi dan rendah bisa kita gunakan sebagai pilihan dalam menguatkan otot pada tubuh.

2. Menambah Daya Tahan Tubuh dan Jantung

Senam aerobik sendiri bisa meningkatkan kinerja jantung dan melancarkan aliran darah pada seluruh tubuh. Selain mudah ternyata manfaat yang sangat besar bisa kita dapatkan apabila kita teratur dan konsisten dalam berolahraga.

3. Menurunkan Berat Badan

Apabila Anda melakukan senam aerobik secara teratur dan menerapkan pola hidup yang sehat, bisa dijamin membuat tubuh terhindar dari obesitas dan bisa menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Senam aerobik gerakannya yang meregangkan otot-otot pada tubuh dapat meningkatkan kelenturan tubuh dan juga bisa melancarkan peredaran darah.

5. Meningkatkan Energi Tubuh

Kemudian, senam aerobik juga bisa meningkatkan energi pada tubuh. Dengan melakukan senam aerobik, dapat membuat tubuh kita meningkatkan suplai oksigen ke dalam tubuh. Apabila dilakukan selama kurang lebih dua puluh menit dapat meningkatkan energi sebanyak 20 persen.

6. Mencegah Penyakit

Senam aerobik merupakan senam kesehatan jasmani yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah risiko terkena berbagai penyakit seperti stroke, kolesterol, jantung dan bahkan penyakit kanker.

7. Kekebalan Tubuh Meningkat

Semua macam olahraga memang dapat meningkatkan kesehatan dan juga kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit, termasuk senam aerobik yang bisa membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan kebal terhadap berbagai serangan penyakit.