News - Satuan tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 bersama aparat gabungan TNI/Polri menembak mati satu anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Distrik Bibida Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Operasi penegakan hukum oleh aparat gabungan di markas KKB yang berada di Distrik Bibida berhasil menewaskan seorang anggota KKB.

"Pada saat aparat gabungan melakukan pengejaran dan penyisiran di Kampung Udigimi, Distrik Bibida juga menemukan satu jenazah lagi sehingga total yang dievakuasi ada dua mayat," kata Kepala Operasi Damai Cartenz 2024 Kombes Faizal Ramadhani dikutip Antara, Senin (17/6/2024).

Menurut dia, dari hasil identifikasi diperoleh hasil bahwa salah satu jenazah adalah KKB atas nama Baganiok Murib.

"Ya, benar, kami telah berhasil melumpuhkan satu KKB kelompok Undius Kogoya, dan diduga identitasnya sebagai Baganiok Murib," ujarnya.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno menjelaskan bahwa Baganiok Murib merupakan anggota aktif dari KKB Tenius Waker Undius Kogoya yang pada 3 bulan terakhir melakukan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Pantai.

"Kedua jenazah telah berada di RSUD Paniai, dan sore ini jenazah berhasil diidentifikasi diduga bernama Danis Murib alias Baganiok Murib yang merupakan anggota KKB aktif pimpinan Tenius Waker dan Undius Kogoya," katanya.

Kondisi mayat Baganiok Murib ditemukan berkaus hitam dengan atribut KKB. Dia mengalami luka tembak di dada bagian kanan.

"Baganiok Murib merupakan KKB dari Intan Jaya yang selama 3 bulan terakhir ini aktif melakukan gangguan-gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat di Paniai," ujarnya.