News - Samsung akan segera merilis produk wearable terbaru mereka, yang disebut Galaxy Ring, pada 10 Juli mendatang secara global.

Samsung Galaxy Ring adalah sebuah produk pemantau kesehatan. Dilansir dari Tom’s Guide, dengan Samsung Galaxy Ring, Anda bisa memantau detak jantung saat berolahraga dan memonitor kadar oksigen dalam darah.

Gawai yang bisa dikenakan seperti cincin ini hadir dalam berbagai bentuk dan warna. Mengutip laman Techradar, Galaxy Ring ini juga akan hadir dengan optional subscription atau biaya berlangganan seperti pada perangkat sejenis produksi Oura, Fitbit atau Apple.

Belum ada keterangan resmi mengenai fitur apa saja serta informasi mengenai optional subscription dari Samsung Galaxy Ring ini. Yang jelas, produk ini menggunakan teknologi sensor, Bluetooth dan Near-Field Communication (NFC) untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi kesehatan si pengguna gawai, termasuk berbagai aktivitasnya yang berpengaruh terhadap kondisi kesehatan pemakai.

Gawai ini digadang-gadang akan mengedepankan lebih banyak fitur kesehatan, serta fitur-fitur fitness yang bermanfaat bagi para penggila fitness. Dan tentu saja, tetap berfungsi selayaknya telepon genggam, karena bisa digunakan untuk menjawab telepon, serta menampilkan pesan-pesan Anda.

Ditambah lagi, Anda juga bisa mendengarkan berbagai musik favorit lewat platform streaming musik pada gawai ini.

Perkiraan Harga Samsung Galaxy Ring

Dilansir dari Antara News, Samsung Galaxy Ring ini diperkirakan akan dibanderol seharga 35 ribu Rupee di India, jika dikonversikan, harga tersebut setara Rp6,8 juta. Sementara itu di Perancis, gawai ini dibanderol dengan harga 449 euro atau sekitar Rp7,9 juta.

Sementara itu di Amerika Serikat, Samsung Galaxy Ring ini diprediksi akan meluncur dengan harga pada kisaran 300 sampai 350 dolar AS atau sekitar 4,8 juta hingga 5,6 juta rupiah.

Mengenai optional subscription atau biaya berlangganan, pihak Samsung belum merilis info resmi mengenai apakah Samsung benar-benar akan membebankan biaya berlangganan untuk menggunakan Galaxy Ring ini. Namun, jika ini benar adanya, maka biaya berlangganan ini tentu akan berdampak besar pada kisaran harga perangkat cincin pintar ini.

Rencananya, cincin pintar dari Samsung ini akan dirilis dalam 13 ukuran dan tiga warna yaitu, warna perak, platinum, emas dan hitam keramik.

Prediksi Fitur-Fitur Samsung Galaxy Ring

Berikut ini prediksi fitur-fitur yang kemungkinan akan tersemat pada Samsung Galaxy Ring, sebagaimana dilansir dari Tom’s guide:

  • Fitur kesehatan: Pemantauan kesehatan jantung, pelacakan tidur, skor "Vitalitas", pemantauan suhu kulit, prediksi menstruasi
  • Fitur pintar: Kompatibilitas dengan perangkat Galaxy
  • Desain: Tersedia dalam warna hitam, platinum emas dan perak, 13 ukuran (5-12)
  • Ukuran baterai: 17 mAh, 18,5 mAh dan 22 mAh.