News - Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, buka suara soal menantu Anwar Usman, Joko Priambodo, yang diangkat menjadi Direktur Pemasaran dan Operasi Patra Logistik, anak perusahaan PT Pertamina (Persero).

Menurutnya, proses penunjukkan Joko Priambodo pada 20 Mei 2024 lalu sudah dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Kabar ini sekaligus menepis isu pengangkatan Joko Priambodo karena berada dalam lingkaran keluarga Presiden Joko Widodo.

"Proses penunjukan saudara Joko Priambodo sebagai Direktur Pemasaran dan Operasi Patra Logistik pada 20 Mei 2024 lalu sudah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku," ucap Irto saat dihubungi Tirto, Minggu (9/6/2024).

Irto juga menegaskan, Joko bergabung di Pertamina sejak 2017 dan merintis karier dari bawah. Pengalaman di perusahaan milik negara itu meliputi Stakeholder Relations Management PT Pertamina (Persero), Board of Director Office PT Pertamina (Persero), Sales Branch Manager Jogjakarta, Sales Area Manager Banten.

"Dan di bidang logistik memiliki pengalaman di PT Pertamina International Shipping," ucap Irto.

Lebih lanjut, Joko Priambodo juga disebut menunjukkan kinerja yang cemerlang dan pernah beberapa kali mendapat penghargaan dari Pertamina. Sebab itu, tak heran saat ini menduduki jabatan direktur.

"[Joko] masuk dalam list Top Talent Management Pertamina group," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, nama Joko Priambodo muncul dan ramai diperbincangkan di media sosial bersamaan dengan isu keponakan Presiden Joko Widodo, Bagaskara Ikhlasulla Arif, yang menduduki jabatan Manager Non-Government Relations Pertamina.

Diketahui, pengangkatan Bagaskara dilakukan pada Maret 2024, namun sudah masuk ke Pertamina sejak 2021 melalui jalur experienced hired.

"Benar, per Maret 2024. Masuk Pertamina tahun 2021 melalui jalur profesional. Pertamina biasa melakukan rekrutmen melalui experienced hired sesuai kebutuhan dengan melihat kompetensinya," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, saat dihubungi Tirto, Kamis (6/6/2024).

Dari jalur yang ditempuh, Fadjar menjelaskan bahwa Bagaskara memenuhi secara prosedur rekrutmen yang dilakukan.