News - Liburan akhir tahun menjadi momen terbaik untuk melakukan kunjungan di destinasi yang diinginkan.

Salah satu lokasi wisata yang bisa dikunjungi akhir tahun adalag Bangka Belitung atau Babel. Provinsi kepulauan ini memiliki sederet wisata yang memanjakan mata, serta banyak pilihan untuk liburan bersama keluarga, teman, pasangan atau saudara.

Bangka Belitung yang baru menjadi provinsi pada tahun 2000 ini memiliki pesisir pantai yang mempesona.

Menurut situs Babelprov.go.id, Bangka Belitung masuk dalam lima destinasi prioritas lanjutan, yang dicanangkan pada masa Pemerintahan Presiden Jokowi. Bahkan, Babel pernah disebut-sebut sebagai wisata alternatif selain Pulau Bali.

Ada banyak destinasi yang mesti dikunjungi dan masuk daftar liburan akhir tahun. Berikut ini beberapa rekomendasi wisata di Bangka Belitung yang bisa jadi referensi untuk libur akhir tahun.

Rekomendasi wisata di Bangka Belitung

1. Rek

Jika ingin berwisata sembari menambah pengetahuan sejarah, kunjungi pantai Tanjung Kalian. Pantai ini cukup dekat, sebabnya hanya berjarak 9 KM dari pusat kota Muntok. Pantai Tanjung Kalian, selain pantainya yang bagus, juga menyuguhkan berbagai benda-benda bersejarah.

Ada Mercusuar yang sudah berumur 160 tahun, Mercusuar tersebut dibangun Belanda pada tahun 1862. Selain itu, ada juga bekas kapal perang dunia kedua, yang terletak di dekat pesisir. Jadi selain bisa liburan, juga bisa menambah wawasan.

2. Pantai Matras

Rekomendasi kedua adalah pantai Matras. Pantai ini mempunyai keunikan sendiri, yakni pantai terpanjang se-pulau Bangka.

Selain keunikan itu, pantai ini pula banyak kapal-kapal nelayan yang berlalu lalang, spot-spot menarik untuk melakukan swafoto dan lainnya.

3. Pantai Parai Tenggiri

Dinamakan Tenggiri, secara historis pantai ini dulunya sebagai wahana para nelayan mencari ikan Tenggiri. Akhirnya, pantainya dinamakan Parai Tenggiri.

Kalau sekarang, pantai ini sudah tidak lagi dibuat untuk mencari ikan. Tapi hanya dinikmati oleh wisatawan. Pantai ini menyuguhkan air laut yang jernih dan biru, serta ada banyak bebatuan yang bisa dijadikan buat duduk sembari menatap lautan.

4. Museum Kata

Siapa yang tak kenal Laskar Pelangi, novel yang terkenal pada masanya. Kini penulisnya, Andrea Hirata membuat museum di sana.

Ada banyak yang dipajang dalam museum tersebut: perjalanan sastra, pernak-pernik karyanya orang-orang Balitung dan lukisan kontemporer. Serta desain bangunannya yang kekinian. Hal itu membuat pengunjung lebih betah berada di sana.

5. Tugu Satam

Salah satu ikon Bangka Belitung adalah tugu Satam. Lokasinya berada di simpang lima, kota Tanjung Pandang. Jika berkunjung di Bangka Belitung, jangan melewatkan untuk mampir ke Tugu Satam.