News - Tinggal di negara tropis seperti Indonesia terkadang kita memerlukan pendingin ruangan agar tidak terasa gerah saat beraktivitas maupun saat tidur.

Air Conditioner atau AC sangat diperlukan saat musim kemarau seperti sekarang ini, karena meningkatnya suhu. Selain itu, AC juga bisa mengurangi risiko gangguan pernapasan karena polusi udara. Hal itu karena AC dilengkapi dengan teknologi penyaring udara.

Saat ini terdapat beberapa jenis AC yang bisa dibeli dan menyesuaikan dengan kebutuhan di rumah Anda, mulai dari AC portable, AC 1/2 PK, hingga AC 1 PK.

Perbedaan mendasar dari ketiga jenis AC ini adalah konsumsi energi yang dihasilkan dan jangkauan pendinginan pada ruangan.

AC 1/2 PK hanya bisa digunakan pada ruangan kecil, dan AC 1 PK bisa mendinginkan ruangan yang berukuran lebih besar. Sementara itu, AC portable adalah pendingin ruangan yang lebih praktis dan bisa dipindahkan karena ukurannya yang kecil.

Tokopedia, toko online terbesar di Indonesia, menyediakan pilihan Air Conditioner (AC) sesuai kebutuhan Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi serta penjelasannya.

AC Portable

AC portable sangat cocok digunakan di ruangan berukuran kecil. Jangkauan pendinginannya juga tidak luas.

Kelebihan AC portable ini yaitu cukup praktis, bisa dibawa ke mana-mana dan dipindahkan ke berbagai tempat. Namun, AC jenis ini memiliki kekurangan, yaitu jangkauan pendinginan yang tidak luas

Cara kerja AC portable sebenarnya sama dengan AC jenis lainnya. Fungsi utamanya adalah untuk menarik udara ruangan, menyesuaikan suhu yang Anda inginkan dengan mengekstraksi panas, dan melepaskan udara dingin kembali ke ruangan.

AC portabel menarik udara panas dari ruangan ke AC dan memindahkannya ke luar rumah atau gedung Anda. Di dalam AC portable terdapat motor yang mendinginkan udara yang disirkulasikan ke seluruh ruangan.

Beberapa rekomendasi AC portable yang bisa dibeli di Tokopedia adalah AC Portable 1 PK Sansui Japan, AC Mini Portable Air Artic, dan AC Mini Portable Kipas V3 Air Cooler. Produk ini bisa Anda peroleh melalui Tokopedia.

AC 1/2 PK

Kapasitas sebuah AC diukur dalam BTU atau (British Thermal Unit). Untuk AC 1/2 PK, memiliki kapasitas sebesar 5.000 BTU.

Sedangkan, PK merupakan ukuran yang dipakai dalam unit AC. AC 1/2 PK cocok digunakan pada ruangan kecil dengan luas ukuran 10 meter persegi.

Adapun konsumsi energi pada AC 1/2 PK juga tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan AC 1 PK. Untuk harga, AC 1/2 PK sangat bervariasi, tergantung dari merek dan teknologi yang ditawarkan. Umumnya, semakin besar unit AC, maka harganya semakin mahal.

AC 1/2 PK memiliki kelebihan yaitu harganya yang lebih murah, dan tidak memakan terlalu banyak energi, sehingga dapat menghemat tagihan listrik Anda. Namun, AC ini memiliki kekurangan yaitu tidak bisa dipasang di ruangan yang berukuran lebih besar. Jika dipaksakan, maka pendinginan ruangan tersebut tidak akan maksimal.

Ada beberapa rekomendasi AC 1/2 PK yang bisa diperoleh di Tokopedia, yaitu AC Aqua 1/5 PK, AC Sharp Split 1/2 PK AH-A5SAY, dan AC LG H05TN4 AC New Hercules 1/2 PK.

AC 1 PK

AC 1 PK memiliki kapasitas sebesar 9000 BTU. Jika dibandingkan dengan AC 1/2 PK, jangkauan pendinginan AC 1 PK cocok untuk ruangan berukuran 18 meter persegi.

Untuk konsumsi energi listrik atau daya pada AC 1 PK tipe standar rata-rata sebesar 750 hingga 800 Watt. Oleh karena itu, rumah yang memiliki daya listrik sebesar 900 Watt tidak disarankan untuk menggunakan AC 1 PK.

Kelebihan AC 1 PK yaitu sangat cocok untuk digunakan pada ruangan berukuran besar, dan cocok untuk digunakan pada ruangan kantor yang menampung cukup banyak orang.

Kekurangan AC 1 PK yaitu akan menghabiskan konsumsi listrik yang cukup besar, sehingga tagihan listrik juga akan semakin besar.

Ini adalah beberapa rekomendasi AC 1 PK yang bisa dibeli di antaranya Daikin FTP25AV14 AC Standart BREEZE 1PK, AC Aqua AQA - 10 AHP Low Watt 1PK, dan Panasonic AC Standart 1 PK CS-ZN9YKP.

Jika tertarik membeli AC 1 PK, berikut ini link pembeliannya di Tokopedia.