News - Memilih handphone alias HP untuk anak sekolah mesti cermat dan disesuaikan dengan aktivitas mereka. Harganya pun perlu dipertimbangkan karena kebutuhan mereka untuk berponsel belum terlalu banyak.

Anak-anak hingga remaja biasanya menggunakan HP untuk berkomunikasi dengan orang tua dan teman-teman. Mereka juga biasanya aktif bermedia sosial dan bermain gim daring maupun luring.

Smartphone anak yang mampu mencukupi semua kebutuhan tersebut sangat beragam. Orang tua mesti bijak saat memilihkannya untuk anak. Lalu, apa saja merek HP untuk anak sekolah dengan harga terjangkau 1 jutaan?

10 Rekomendasi HP untuk Anak Sekolah Satu Jutaan

HP harga Rp1 jutaan sekarang ini sudah banyak yang menghadirkan fitur memadai untuk kebutuhan harian, mulai dari chatting, media sosial, hingga gaming. Berikut rekomendasi HP Android untuk anak sekolah.

1. Realme C55 NFC (Rp1,7 jutaan)

Realme C55 NFC menjadi pilihan pertama sebagai HP Android yang bagus untuk anak sekolah. HP ini bukan rilisan baru tetapi memiliki spesifikasi yang memadai untuk berkomunikasi, chatting, fotografi, hingga bermain gim.

Dapur pacunya ditanam chipset Helio G88 yang bertandem dengan RAM hingga 6 gigabita (GB) dan kapasitas penyimpanan internal 256GB. Layarnya IPS 6,7 inci yang mendukung resolusi Full HD+ dan refresh rate 90Hz. Selain itu, HP ini sudah mempunyai fitur NFC (Near Field Communication).

2. Redmi 10 (Rp1,5 jutaan)

Redmi 10 cukup memadai untuk bermain beragam permainan, dari PUBG hingga Mobile Legend, yang digandrungi anak muda saat ini. Mesinnya dilengkapi chipset MediaTek Helio G88 dengan pilihan RAM 4GB dan 6GB yang masih bisa diperluas secara virtual hingga 2GB. Kapasitas tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka banyak aplikasi sekaligus.

Selain itu, ada kamera utama 50MP di sisi belakang yang ditampilkan pada layar 6,5 inci FHD+ dengan refresh rate 90Hz. Layarnya dilengkapi pula dengan Sunlight display dan Corning Gorilla Glass 3. Layar ini membuat aktivitas bermain gim dan menonton video menjadi cukup nyaman.

3. Poco C65 (Rp1,4 jutaan)

Poco C65 memiliki layar luas 6,74 inci yang sudah dilengkapi pelindung sinar biru TUV dan flicker free certification. Poco juga menjanjikan garansi 12+3 bulan, pembaruan besar untuk software OS sampai 2 kali, serta security patch 3 tahun.

Untuk dapur pacunya, disediakan chipset Helio G85 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128 GB. Kamera utamanya memunyai resolusi 50MP, dengan sokongan kamera depan 8MP. Kapasitas baterainya cukup besar mencapai 5000 mAh.

4. Realme C30s (Mulai Rp1,3 jutaan)

Rekomendasi HP untuk anak sekolah berikutnya adalah Realme C30s, yang mengusung baterai berkekuatan 5000mAh dengan model Ultra-Saving sehingga cukup awet. Prosesornya memakai Unisoc SC9863A dengan dukungan pilihan RAM 3GB dan 4GB. Penyimpanan internalnya tersedia 64GB.

Smartphone untuk anak ini tepat bagi mereka yang masih pemula. HP masih cukup nyaman untuk bermain gim ringan hingga menonton video yang ditampilkan pada layar 6,5 inci beresolusi HD+. Kamera belakangnya berukuran 8MP dan kamera swafoto 5MP.

5. Samsung Galaxy A05 (Rp1,2 jutaan)

Samsung Galaxy A05 juga tepat menjadi HP Android untuk anak sekolah. Dengan chipset MediaTek Helio G85, prosesornya disokong oleh dua pilihan RAM, yaitu 4GB dan 6GB. Ketersediaan penyimpanan internalnya ada opsi 64Gb dan 128GB.

Galaxy A05 memunyai layar 6,7 inci beresolusi HD+ dengan kamera utama 50MP. Baterainya berukuran 5000 mAh yang ditunjang fitur fast charging 25 watt.

6. Infinix Note 11 (Rp1,1 jutaan)

Infinix dikenal sebagai merek HP yang menembak pangsa gawai gaming. HP untuk anak gaming murah salah satunya Infinix Note 11. Dengan chipset MediaTek Helio G88 yang ditandem dengan RAM 4GB dan ROM 64GB, sudah memadai untuk memainkan gim seperti PUBG dan Genshin Impact di pengaturan 30fps.

Layarnya juga lega dengan ukuran 6,7 inci resolusi Full HD+. Tenaganya didukung baterai 5000mAh dengan fitur pengisian cepat 33W.

7. Infinix Hot 30 (Rp1,5 jutaan)

Masih di jajaran HP gaming, Infinix Hot 30 juga bisa menjadi opsi HP untuk anak sekolah. Chipset-nya sama seperti Infinix Note 11 tetapi ukuran RAM sudah 8GB yang masih bisa diperluas hingga 8GB lagi. Penyimpanan internalnya 128GB dan masih bisa diperluas memakai micro SD.

HP yang rilis pada Mei 2023 lalu tersebut mampu memainkan gim pada frame rate 33fps. Selain itu, jika dipakai untuk main Mobile Legend, smartphone untuk anak ini mampu dijalankan hingga frame rate 42fps.

8. Redmi 13C (Rp1,1 jutaan)

Jajaran ponsel Xiaomi yang dapat menjadi smartphone anak lainnya adalah Redmi A3. HP tersebut cocok untuk bermain gim hingga menonton film yang ditampilkan pada layar seluas 6,71 inci dengan refresh rate 90 Hz. Harganya sangat terjangkau dan tepat bagi kelas pemula.

Prosesornya memakai MediaTek Helio G36 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB. Kameranya sudah memadai untuk kebutuhan fotografi dan perekaman video secara umum.

9. Tecno Spark 7 NFC (Rp1,2 jutaan)

Tecno adalah merek hape baru yang belakangan mulai dilirik oleh pengguna gim. Kelas pemula bisa memilih Tecno Spark 7 NFC.

Sesuai namanya, HP ini sudah mendukung fitur NFC dan dibekali prosesor Helio A25 dengan RAM 2GB/4GB dan penyimpanan internal 32GB/64GB. Layarnya seluas 6,5 inci IPS dan beresolusi HD+. Kamera utamanya beresolusi 16MP.

10. Infinix Hot 11s NFC (Rp1,5 jutaan)

Infinix Hot 11s NFC dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G88 dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Produk Infinix ini cocok menjadi opsi HP untuk anak sekolah, terutama yang mencari HP gaming.

Kemampuannya hampir setara dengan Infinix Note 11. Selain memakai prosesor yang sama, Infinix Hot 11s NFC ditanam layar 6,78 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate-nya berada di angka 90 Hz.