News - Salat adalah ibadah wajib yang harus dilakukan seluruh umat Islam baik laki-laki maupun perempuan yang berakal sehat dan tidak sedang dalam kondisi hilang kesadaran.

Dalam sehari semalam, salat fardu dikerjakan sebanyak lima waktu, yakni subuh, zuhur, asar, magrib, dan isya.

Salah satu syarat melaksanakan salat adalah sudah berusia baligh atau dewasa. Balig bagi laki-laki ditandai jika sudah mengalami mimpi basah dan bagi perempuan, ia telah menstruasi.

Dilansir dari modul "Hatiku Damai dengan Berzikir dan Berdoa", apabila sudah mengerjakan salat, setelahnya kita dianjurkan untuk melakukan zikir dan doa.

Zikir secara etimologi diartikan mengingat atau menyebut. Sedangkan, secara istilah zikir berarti mengingat Allah SWT untuk mendekatkan diri kepada-Nya, dengan cara membaca tahlil, tahmid, tasbih, takbir, dan sebagainya.

Terdapat beberapa macam zikir, yaitu berzikir dengan hati (di mana seseorang memikirkan ciptaan Allah, serta timbul di dalam pikiran bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Segalanya).

Berzikir juga bisa dengan lisan (mengucapkan nama-nama Allah dan kalimah thayyibah seperti tahlil, tahmid, tasbih, takbir), serta berzikir dengan perbuatan (belajar dengan sungguh-sungguh, bersedekah, berbuat baik, dan lain lain).