News - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jakarta membuka peluang untuk menduetkan Anies Baswedan dengan Kaesang Pangarep dalam Pilkada Jakarta 2024. Terkait itu, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambut baik.

"Kami berterima kasih kepada PKB yang telah menyandingkan ketum kami dengan jagoannya PKB Jakarta yang dalam hal ini adalah Mas Anies," kata Ketua Desk Pilkada Jakarta dari PSI, Justin Adrian, kepada Tirto, Rabu (12/6/2024) malam.

Justin mengatakan hingga kini peta politik Pilkada Jakarta masih sangat dinamis. PSI, kata dia, masih terus membuka komunikasi dengan partai lainnya, termasuk PDIP.

Justin yang saat ini menjabat sebagai Ketua Desk Pilkada PSI-DKI masih mengemban tugas untuk terus menjaring serta membuka pendaftaran bagi kandidat-kandidat terbaik untuk mendaftar sebagai bakal calon gubernur.

"Salah satu contohnya adalah pagi hari ini, pukul 10:15 WIB, PSI Jakarta menerima kedatangan Ketua Umum FBR, Kiai Luthfi Hakim, yang menyerahkan kelengkapan berkas pendaftarannya sebagai bacagub melalui PSI Jakarta," tutur Justin.

Ke depan, jelas dia, PSI berharap masih terus ada tokoh-tokoh yang mendaftarkan diri, sehingga partainya akan memiliki pilihan yang cukup sebelum menentukan figur yang akan diusung dalam kontestasi Pilgub 2024.

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPP PSI, Cheryl Tanzil, mengatakan partainya menyambut baik semua aspirasi yang ingin mengusung Kaesang untuk menjadi bakal calon kepala daerah di mana pun.

"Tentunya kami juga akan melihat bagaimana hasil survey berkala," kata Cheryl kepada Tirto, Rabu malam.

Ia mengatakan Kaesang mengakui elektabilitas Anies di sejumlah lembaga survei sangat baik. Akan tetapi, jelas dia, PSI masih ada waktu untuk terus memantau dinamika politik dan aspirasi akar rumput dari pendukung partainya.

"Yang jelas animo berbagai pihak, baik dari akar rumput maupun partai-partai politik untuk mengusung nama Mas Kaesang, membuktikan bahwa anak muda sudah punya tempat di hati masyarakat dan dianggap punya kecakapan sebagai kepala daerah," tutup Cheryl.

Sebelumnya, Ketua DPW PKB Jakarta, Hasbiallah Ilyas, berujar pihaknya mengusung Anies sebagai calon gubernur pada Pilkada Jakarta 2024. Pengusungan nama Anies dilakukan usai PKB menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) pada 8-9 Juni 2024.

"PKB DKI Jakarta memutuskan Anies Baswedan menjadi calon tunggal untuk mencalonkan di Pilkada DKI 2024-2029," sebutnya kepada awak media, Rabu.

Menurut Hasbiallah, DPW PKB Jakarta membuka peluang untuk memasangkan Anies dengan siapapun. Salah satunya dengan Kaesang yang sebelumnya mengaku tertarik untuk diduetkan dengan Anies.

DPW PKB Jakarta, imbuhnya, siap mengusung Kaesang jika anak Presiden Joko Widodo itu bersedia. Terkini, PKB Jakarta telah menjalin komunikasi dengan DPP PSI terkait Pilkada Jakarta 2024.