News - Relawan Projo menginginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin partai politik setelah tak lagi menjabat sebagai kepala negara. Projo menilai sangat disayangkan alias mubazir bila Jokowi kembali ke kampung halamannya di Solo.

"Kalau Pak Jokowi pensiun pulang kampung, mubazir. Imajinasi Projo adalah ke depan Pak Jokowi bisa pimpin partai politik. Itu imajinasi Projo yang sudah kami sampaikan beberapa waktu lalu," kata Bendahara Umum DPP Projo, Panel Barus, di kantor DPP Projo, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (31/5/2024).

Panel menilai jika Jokowi memimpin partai politik pasti akan mengawal sepenuhnya pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dia optimistis dengan keberadaan Jokowi pemerintahan Prabowo sukses sampai akhir jabatan.

Keinginan itu, kata Panel, sebagai bentuk pertanggung jawaban Jokowi untuk ikut bersama-sama mengawal pemerintahan Prabowo-Gibran. Projo tidak ingin Jokowi buru-buru 'pensiun' dari jagat politik Indonesia.

"Ikut bersama-sama memastikan cita-cita Indonesia Emas 2045 bisa tercapai. Yang pasti imajinasi kita baru sampai di situ. Pak Jokowi ke depan pimpin partai. (Tapi) Realistisnya enggak mungkin PDIP, partai baru nih," ucap Panel.

Untuk diketahui, tinggal menghitung bulan Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya sebagai presiden dua periode. Jokowi menjabat presiden sejak 2014.

Jabatan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin akan berakhir pada Minggu, 20 Oktober 2024. Nantinya, presiden dan wakil presiden Indonesia yang baru akan mengucapkan sumpah/janji dan penandatangan berita acara di hadapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).