News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunjuk penyidik Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai juru bicara menggantikan posisi yang dipegang oleh Ali Fikri.

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak, menjelaskan, Ali Fikri selama ini merupakan Kepala Bagian Pemberitaan, yang merangkap jadi Pelaksana Harian (Plh) Juru Bicara KPK.

"Jabatan pak Ali adalah Kabag Pemberitaan, tetapi selama ini beliau ditunjuk sebagai Plh jubir dan sekarang sudah diangkat jubir yang definitif pak Tessa," kata Tanak, saat dimintai konfirmasi, Jumat (7/6/2024).

Diketahui, Ali Fikri menjabat sebagai Plh Juru Bicara sejak kepemimpinan Firli Bahuri, 2019 lalu, menggantikan Febri Diansyah yang mengundurkan diri.

Ali Fikri merupakan pegawai KPK yang berlatarbelakang jaksa.

Sedangkan, pengganti Ali Fikri, Tessa Mahardhika merupakan penyidik KPK yang berasal dari Kepolisian. Ia merupakan penyidik senior asal Polri yang ditugaskan di KPK.

Salah satu kasus yang pernah ditanganinya adalah korupsi pembangunan gedung Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Gowa, Sulawesi Selatan pada 2017 lalu, yang menyeret saat Anggota Komisi II DPR RI dari Partai Hanura, Miryam S Haryani.

Pada 2020, Tessa Mahardhika menjadi salah satu dari empat orang yang masuk seleksi sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK.

Tessa juga diketahui, pernah mengikuti seleksi untuk posisi Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I KPK pada 2023. Saat itu, ia menjabat sebagai Fungsional Penyidik Tindak Pidana Korupsi Ahli Madya.