News - Budi Utomo, yang dibentuk pada 20 Mei 1908, merupakan organisasi pertama berskala nasional dan bersifat modern pertama di Indonesia. Para tokoh pendiri Budi Utomo kebanyakan berasal dari golongan terpelajar.

Tashadi dalam buku Dr. Wahidin Sudirohusodo (1992) menuliskan, latar belakang berdirinya Budi Utomo ialah kesengsaraan dan penderitaan akibat penjajahan Belanda yang semakin menekan rakyat.

Peran penting Budi Utomo, yang memantik perjuangan rakyat melawan penjajah sekaligus memelopori berdirinya organisasi berskala nasional, membuat tanggal berdirinya ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Peter Kasenda, dkk. dalam buku Dokter Soetomo (2013) mencatat, setelah Budi Utomo berdiri, sejumlah organisasi lain bermunculan, seperti Indische Partij (1912), Sarekat Islam (1912), Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) yang kemudian berubah nama menjadi PKI (1920), dan sebagainya.

Budi Utomo juga menginspirasi para pemuda untuk bersatu melawan penjajah, yang kemudian terwujud dalam Sumpah Pemuda 1928. Lantas, siapa saja yang terlibat dalam berdirinya organisasi Budi Utomo? Siapakah tokoh pendiri organisasi Budi Utomo? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!