News - Gunung Marapi terletak di dua wilayah, yakni Kabupaten Agam dan Kabupaten tanah Datar, Sumatra Barat. Gunung ini berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Bukittinggi ke arah tenggara.

Gunung Marapi dan Merapi merupakan dua gunung yang berbeda. Marapi terletak di Sumatra Barat sedangkan Merapi berlokasi di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung Marapi berada 2.891 mdpl (meter di atas permukaan laut). Selain cukup tinggi, status Gunung Marapi juga masih aktif. Namun demikian, tetap banyak pendaki yang berambisi menaklukkan puncaknya.

Gunung Marapi Sumbar telah mengalami erupsi beberapa kali. Bahkan, sepanjang 2023 saja, gunung api aktif yang terletak di Sumatra Barat tersebut telah meletus sebanyak dua kali. Erupsi terakhir terjadi pada awal Desember.

Berdasarkan pernyataan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Gunung Marapi Bukittinggi meletus pada 3 Desember 2023, pukul 14.54 WIB. Erupsi eksplosif tersebut mengeluarkan kolom abu dengan tinggi sekira 3.000 meter di atas puncak.

Lantas, berapa kali Gunung Marapi meletus sepanjang sejarah? Simak ulasan sejarah letusan Gunung Marapi Sumbar berikut.