News - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri resepsi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-Australia, Selasa (5/3/2024). Resepsi KTT ASEAN-Australia ini digelar Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese di Melbourne Convention and Exhibition Center (MCEC), Melbourne, Australia.

Berdasarkan keterangan dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Presiden Jokowi tiba di ASEAN Leaders' Arrival Hall, MCEC, sekitar pukul 17.05 waktu setempat dan langsung disambut oleh PM Albanese.

Selanjutnya, PM Albanese mengajak Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya melakukan sesi foto bersama. Tampak Presiden Jokowi berdiri di antara PM Laos Sonexay Siphandone dan Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

Setelah itu, PM Albanese, Presiden Jokowi, dan para pemimpin negara lainnya menyaksikan pertunjukan tradisional masyarakat adat Smoking Ceremony yang dibawakan oleh Wurundjeri First Nation Elders.

Usai pertunjukan tersebut, Presiden Jokowi dan para pemimpin negara lainnya menuju area resepsi yang telah disiapkan.

Presiden Jokowi akan mendorong pembahasan terkait dengan mobil listrik dan transformasi digital saat menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia.

"Banyak, jadi kerja sama di electric vehicle, kita akan dorong agar kerja sama ini terjadi dan dilaksanakan secepat-cepatnya. Selain itu, juga yang berkaitan dengan transformasi digital, saya kira arahnya ke sana," kata Jokowi dalam keterangan pers menjelang keberangkatan ke Australia di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Presiden Jokowi juga akan membicarakan kerja sama pertahanan RI dan Australia dengan PM Australia Anthony Albanese. Pembahasan mengenai kerja sama bidang pertahanan ini sebelumnya sudah dilakukan menteri pertahanan kedua negara.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam resepsi KTT Khusus ASEAN-Australia, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.