News - Polres Dogiyai mendalami beredarnya foto siswa SMA yang mengenakan atribut Bintang Kejora saat pawai di Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah, pada Senin (6/4/2024).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo, mengatakan berdasarkan hasil komunikasi dengan Polres Dogiyai, masih dilakukan pendalaman.

"Kami sudah meminta klarifikasi terkait foto kejadian yang beredar di grup whatsapp kepada Polres Dogiyai," kata Ignatius Benny dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto.

Sementara Kapolres Dogiyai, Kompol Sarraju, mengatakan bahwa ia sudah memerintahkan Kasat Reskrim dan Kasat Intel untuk memdalami kejadian tersebut.

"Saat ini, Sat Reskrim dan Sat Intel Polres Dogiyai sedang berada di lapangan untuk mendapatkan data terkait kejadian," ungkap Sarraju.

Ia juga menjelaskan pihaknya telah melakukan patroli dan monitoring di acara pengumuman kelulusan kelas 12 di SMU Negeri 2 Dogiyai.

"Memang tadi pagi sekira pukul 09.30 WIT anggota kami melakukan patroli dan monitoring pengumuman kelulusan Kelas 12 di SMU Negeri 2 Dogiyai," lanjut Ignatius.

Lebih lanjut, Ignatius mengatakan monitoring tersebut dipimpin oleh Ipda Agustinus bersama anggota lainnya dan diadang oleh beberapa siswa yang berjaga di depan gerbang sekolah.

"Saat ingin masuk ke dalam halaman sekolah untuk melakukan imbauan terhadap para siswa untuk tidak melaksanakan pawai, dihalangi oleh beberapa siswa yang berjaga di pintu gerbang sekolah,” imbuhnya.

Menurut Ignatius, para siswa kelas 12 melakukan pawai dengan berjalan kaki melewati pasar.

“Belum ada siswa atau pihak sekolah yang kami minta klarifikasi terkait kejadian ini, anggota kami masih dalami kejadian tersebut di lapangan,” ucap Kapolres Dogiyai.