News - Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera, mengatakan partainya masih menjaga hubungan dengan Anies Baswedan walaupun sudah menetapkan Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Sohibul Iman dalam Pilkada Jakarta.

"Hubungan dengan Mas Anies baik dan harmonis," kata Mardani saat dihubungi Tirto, Senin (24/6/2024).

Meski sudah mendukung Sohibul Iman melalui keterangan resmi, namun PKS yang memiliki 18 kursi di DPRD Jakarta masih bisa mengubah haluan. Menurutnya, menit terakhir jelang pendaftaran peserta Pilkada masih ada banyak diskusi dan keputusan baru yang dihasilkan.

"Semua ingin menang di Pilkada jadi akan ada titik rasional bersama," kata Mardani.

Dia menjelaskan, motif PKS mendukung Sohibul Iman adalah sebagai upaya membakar api semangat para kadernya untuk menggerakkan roda partai dalam pemenangan Pilkada. Menurutnya, dukungan PKS kepada Sohibul Iman tidak hanya menyemangati kader PKS yang ada di Jakarta namun juga seluruh Indonesia.

"Partai yang baik percaya dengan kadernya. PKS partai kader. Karena itu wajar PKS mengajukan kadernya maju Cagub. Keputusan ini akan membakar semangat kader di seluruh Indonesia untuk bergerak memenangkan Pilkada bukan hanya di Jakarta tapi juga di semua daerah," kata Mardani.

Selain dengan Anies, PKS juga menjalin hubungan baik dan membangun komunikasi lintas calon gubernur dan lintas partai. Dia menyadari bahwa PKS di dalam Pilkada Jakarta tidak bisa maju sendirian dan perlu Kerjasama politik dengan partai lainnya.

"Tapi tetap hubungan dengan semua pihak dijaga baik dan harmonis. Karena kami juga sadar untuk menang tidak bisa sendiri. Bahkan untuk mencalonkan pasangan kami perlu berkoalisi karena kurang syarat 4 kursi," kata dia.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan mengusung Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta. Pengusungan itu diputuskan sebagai sikap yang diklaim PKS selaku partai pemenang.

Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri mengungkapkan, nama salah satu petinggi partainya itu diusung demi memperjuangkan kader terbaik.

“Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar Mabruri dalam keterangannya, Minggu (23/6/2024).