News - Saat mengakses TikTok kadang pengguna menghadapi masalah. TikTok tidak bisa dibuka sehingga membuat kesal. Sebenarnya apa penyebab TikTok tidak bisa dibuka dan solusinya?

TikTok menjadi media sosial yang besar saat ini. Posisinya bahkan setara dengan Instagram, Facebook, hingga X. Sisi menarik TikTok yaitu membidik pangsa pengguna yang khas.

Dulu TikTok dipenuhi dengan konten video joged. Kini penggunaannya meluas sebagai sarana edukasi hingga memasarkan produk. Hal ini membuat keberadaan TikTok menjadi penting bagi sebagian orang.

Saat mengalami kendala menggunakan TikTok, hal ini membuat bingung penggunanya. Jika TikTok dipakai sebagai sarana marketing utama, bisa berdampak pada sektor bisnis pengguna tersebut. Oleh sebab itu, mereka berharap tidak sampai mengalami kejadian TikTok tidak bisa dibuka.

Penyebab TikTok Tidak Bisa Dibuka

Kenapa TikTok tidak bisa dibuka? Ada kalanya hal ini dialami oleh sebagian akun. Meski demikian, penyebabnya belum tentu akun mengalami pemblokiran karena pemicunya cukup banyak.

Jika dirinci kemungkinan penyebab TikTok tidak bisa dibuka, berikut beberapa alasan yang mendasarinya:

  • Pengguna mengalami masalah dalam koneksi internet
  • TikTok sedang melakukan pembaruan aplikasi
  • Gangguan atau perbaikan pada server TikTok
  • TikTok telah diblokir oleh pemerintah setempat
  • Adanya pembatasan yang dilakukan penyedia layanan internet
  • Akun TikTok di-ban atau di-suspend
  • Perizinan keamanan pada hp terlalu ketat

Cara Mengatasi TikTok yang Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi TikTok yang sulit dibuka harus melihat dahulu penyebab utamanya. Penanganan tiap pemicu berlainan. Jika penyebab sudah ditemukan, pengguna tinggal menerapkan solusi yang tepat.

Berikut beberapa cara mengatasi TikTok yang tidak bisa dibuka berdasarkan penyebab yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Masalah dalam koneksi internet

Koneksi internet diperlukan untuk mengakses TikTok mulai dari membuka beranda hingga mengakses konten. Pastikan koneksi internet menyala atau tidak terlalu lambat. Di sisi lain, TikTok memerlukan akses internet cepat dan stabil karena konten yang dibuka berupa video.

2. Ada pembaruan aplikasi di TikTok

Pembaruan aplikasi di berbagai media sosial, termasuk TikTok umumnya dilakukan secara berkala.

Pembaruan yang dimaksud seperti menambahkan fitur hingga memintas penemuan bug yag ada. Kemungkinan TikTok tidak bisa dibuka dan diakses sementara Waktu saat prosesnya sedang berlangsung.

Setelah selesai prosesnya, maka TikTok akan normal Kembali atau Anda juga bisa melakukan update aplikasi di ponsel.

3. Terjadi gangguan server

Hal yang umum terjadi saat aplikasi atau akses internet tak bisa dibuka adalah karena adanya gangguan server, termasuk di TikTok.

Selama masih dilakukan proses perbaikan server, maka semua akun di TikTok tidak akan bisa dibuka, jadi tunggu saja untuk sementara waktu sampai server selesai diperbaiki.

Jika TikTok mengalami gangguan pada servernya, maka terjadi masalah secara massal. Rata-rata semua akun TikTok tidak bisa dibuka dan menunggu proses perbaikan yang sedang dilakukan.

4. TikTok mengalami pemblokiran oleh pemerintah setempat

Jika terjadi persoalan yang terkait regulasi, ada kemungkinan pemerintah setempat memblokir media sosial, tak terkecuali dengan TikTok.

Namun, masalah ini dapat diatasi dengan mengakses TikTok menggunakan jaringan VPN.

5. Pembatasan dari penyedia layanan internet

Penyedia layanan internet juga bisa melakukan pemblokiran TikTok atau media sosial lainnya. Alasannya, mungkin TikTok masih diperkirakan tidak aman atau tidak pantas Ketika diakses oleh penggunanya.

Jika TikTok tidak bisa dibuka karena alasan ini, pengguna bisa memakai jaringan data dari penyedia layanan internet lainnya atau memanfaatkan VPN.

6. Membuat perizinan keamanan yang ketat di HP

Kalau ini yang terjadi, maka Anda tinggal mengubah pengaturan izin aplikasi di HP. Pilih pemberian izin untuk semua hal yang dibutuhkan terkait akses TikTok, selanjutnya TikTok pun akan bisa diakses lagi.

7. Akun TikTok di-ban atau suspend

Akun TikTok tidak bisa dibuka karena pemblokiran langsung dari admin TikTok, maka pengguna perlu mengajukan banding. Jika banding diterima, akses ke akun akan dibuka kembali. Jika banding ditolak, persiapkan hati untuk menerima kenyataan akun TikTok tidak dapat dipulihkan.