News - Power window menjadi salah satu fitur penting pada mobil modern. Fitur ini menambah kenyamanan dan kemudahan dalam mengoperasikan jendela mobil, terutama saat berkendara di kondisi macet atau hujan.

Arti power window pada mobil adalah fitur yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk membuka dan menutup jendela mobil dengan menggunakan tombol elektrik, alih-alih engkol manual.

Namun, layaknya komponen lain, power window mobil juga tidak luput dari potensi kerusakan. Berikut beberapa masalah umum yang sering terjadi pada power window.

Penyebab Power Window Mobil Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat power window mobil macet, antara lain:

1. Motor penggerak rusak

Motor penggerak merupakan komponen vital dalam sistem power window. Komponen ini bertanggung jawab atas pergerakan kaca jendela, baik saat dinaikkan maupun diturunkan. Bila motor penggerak mengalami kerusakan, kaca jendela tak ubahnya tubuh yang lumpuh, tak mampu bergerak.

Kerusakan motor penggerak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya gesekan akibat pemakaian yang lama. Gesekan ini dapat mengikis bagian brush.

Brush yang aus tak lagi mampu menghantarkan arus listrik dengan baik, sehingga motor penggerak pun tak dapat menjalankan fungsinya. Akibatnya, power window macet dan tak dapat digunakan.

2. Rel kaca kotor atau berkarat

Salah satu penyebab power window tidak berfungsi adalah kotoran pada rel kaca mobil. Debu dan air hujan dari luar dapat menumpuk di rel dan membuat kaca macet.

Hal ini ditandai dengan bunyi saat kaca dinaik turunkan dan lama kelamaan kaca tidak bisa bergerak sama sekali. Kotoran yang menumpuk dapat merusak komponen lain jika dibiarkan.

3. Saklar power window rusak

Saklar power window adalah komponen vital untuk mengoperasikan kaca jendela mobil. Berbeda dengan saklar lampu yang hanya memiliki dua perintah (on/off), saklar power window memiliki tiga fungsi: menaikkan kaca (window up), menurunkan kaca (window down), dan mematikan (off). Saklar ini bekerja dengan mengirimkan sinyal elektrik ke motor penggerak kaca.

Kerusakan pada saklar power window dapat menyebabkan kaca jendela tidak bisa bergerak sama sekali, meskipun motor penggerak dan rel kaca dalam kondisi baik.

Hal ini sering terjadi karena pemakaian yang berlebihan, terutama saat perjalanan jauh. Semakin sering kaca dinaik-turunkan, semakin cepat pula saklar mengalami keausan.

4. Sekering putus

Sekering merupakan komponen penting dalam sistem kelistrikan mobil yang berfungsi untuk melindungi komponen lain dari kerusakan akibat korsleting.

Dalam hal power window, terdapat sekering khusus yang dialokasikan untuk mendistribusikan arus listrik yang dibutuhkan oleh motor penggerak dan saklar power window.

Jika sekring power window putus, aliran listrik ke komponen tersebut akan terhenti, sehingga power window tidak akan bisa berfungsi. Hal ini ditandai dengan kaca jendela yang tidak bisa dinaikkan atau diturunkan, meskipun motor penggerak dan saklar dalam kondisi baik.

5. Koneksi kabel longgar

Koneksi kabel yang longgar pada power window dapat menjadi penyebab utama kaca jendela tidak berfungsi dengan baik. Getaran mobil saat di jalan atau faktor lain dapat menyebabkan kabel terlepas, sehingga aliran listrik terputus dan power window tidak bisa dioperasikan.

Koneksi yang longgar tidak hanya menyebabkan power window macet, tetapi juga dapat menimbulkan percikan api yang berakibat fatal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa koneksi kabel power window secara berkala dan segera memperbaikinya jika ditemukan kerusakan.

Bagaimana Cara Memperbaiki Power Window yang Tidak Berfungsi pada Mobil

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk memperbaiki power window yang tidak berfungsi pada mobil:

Periksa sekring

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sekering yang terkait dengan power window. Sekring biasanya terletak di kotak sekring yang terdapat di dalam kabin mobil. Jika sekring putus, gantilah dengan yang baru.

Periksa saklar power window

Coba operasikan power window menggunakan saklar di pintu lain. Jika power window bisa berfungsi dengan baik di pintu lain, kemungkinan besar saklar power window yang bermasalah. Gantilah saklar power window dengan yang baru.

Bersihkan rel kaca

Membersihkan rel kaca secara berkala adalah kunci utama untuk menjaga power window agar tetap awet dan lancar. Kotoran dan karat yang menumpuk pada rel dapat menyebabkan kaca macet dan berisik saat dinaikkan atau diturunkan.

Gunakan sikat dan kain lap untuk membersihkan kotoran dan karat pada rel kaca. Anda juga bisa melumasi rel kaca dengan silikon atau pelumas khusus untuk rel kaca. Hindari menggunakan pelumas yang mengandung minyak karena dapat menarik debu dan kotoran.

Periksa motor penggerak

Motor penggerak merupakan komponen penting dalam power window yang berfungsi untuk menggerakkan kaca naik dan turun.

Jika motor penggerak terasa panas atau mengeluarkan suara dengungan yang keras, kemungkinan besar motor penggerak rusak. Motor penggerak perlu diganti dengan yang baru.

Periksa koneksi kabel

Koneksi kabel yang longgar dapat menyebabkan power window tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, penting untuk memastikan semua koneksi kabel pada power window terpasang dengan kencang.

Unit kontrol power window biasanya terletak di belakang dasbor atau di bawah kursi pengemudi. Jika ada kabel yang longgar, kencangkan kembali.