News - Makeup cakey adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada penampilan makeup yang tampak tidak natural karena riasan menggumpal di atas kulit dan terkesan berlapis-lapis, hingga terlihat sekilas layaknya tepung kue.

Setiap orang yang menggunakan makeup tentu ingin agar penampilan mereka terlihat rapi, natural, dan tampak sempurna. Maka itu, makeup cakey merupakan permasalahan yang paling ditakuti saat menggunakan makeup.

Tidak sedikit yang penasaran mengenai apa penyebab makeup cakey? Banyak pula yang bertanya bagaimana cara mengatasi makeup cakey? Artikel ini akan membahas mengenai penyebab makeup cakey dan cara mengatasinya.

Penyebab Makeup Cakey

Ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi atau menjadi penyebab tampilan makeup cakey, berikut menurut laman Recreate Yourself (RY).

1. Tumpukan Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang menempel pada permukaan wajah pada dasarnya menciptakan lapisan bertekstur kasar yang tidak dapat diratakan dengan baik oleh riasan wajah. Ini kemudian akan menghasilkan tampilan makeup cakey.

2. Kulit Kering

Penyebab lain adalah kulit kering atau dehidrasi yang berlebihan. Kulit kering cenderung mengelupas dan bila diaplikasikan makeup akan membuat tampilan cakey.

3. Penggunaan Produk Makeup Tidak Tepat

Salah satu faktor yang sangat umum adalah melapisi riasan dengan tidak tepat, menggunakan bedak sebelum atau di antara alas bedak, atau tidak menunggu cukup lama di antara langkah-langkah tersebut. Selain itu, terlalu banyak menggunakan alas bedak dan concealer juga bisa membuat makeup menjadi cakey.

Cara Mengatasi Makeup Cakey

Setelah mengetahui beberapa penyebab makeup cakey, berikutnya ketahui sejumlah cara untuk mengatasinya, antara lain.

1. Mempersiapkan Kulit

Penata rias profesional, Lori Taylor Davis mengatakan, mempersiapkan kulit adalah kunci makeup teraplikasi dengan sempurna tanpa terlihat cakey.

Pasalnya, menurut Davis, jika permukaan kulit mengalami dehidrasi, bertekstur atau tidak dalam kondisi terbaiknya, persiapan kulit dapat mengubah bagaimana riasan menempel pada kulit.

Davis menambahkan, persiapan kulit dibutuhkan untuk semua jenis kulit, dan harus mencakup setidaknya pelembab dan primer.

"Kedua produk tersebut dapat membantu mengubah permukaan kulit, membantu menciptakan permukaan yang sempurna untuk menerima alas bedak," kata Davis kepada Byrdie.

2. Biarkan Alas Bedak Mengering

Sama seperti para ahli dermatologi yang menyarankan untuk membiarkan serum dan pelembap mengering sebelum mengaplikasikan tabir surya, para penata rias juga menyarankan hal yang sama untuk primer dan pelembap sebelum mengaplikasikan alas bedak.

"Selalu biarkan perawatan kulit atau primer Anda beristirahat sejenak sebelum melanjutkan untuk mengaplikasikan alas bedak," kata penata rias profesional, Nick Lujan.

"Saya suka meratakan kembali pelembab atau primer dari area yang tidak menyerap atau mengeras sebelum mengaplikasikan alas bedak." Dengan melakukan hal ini akan mencegah caking dan juga pilling, jadi sama-sama menguntungkan.

3. Eksfoliasi

Meskipun pelembab dan priming memainkan peran penting dalam tampilan akhir foundation, dokter kulit, Marisa Garshick, MD, mengatakan bahwa pengelupasan kulit atau eksfoliasi juga penting.

"Mereka yang memiliki penumpukan sel kulit mati dan tidak melakukan eksfoliasi secara teratur mungkin akan mendapati alas bedak mereka terlihat cakey," katanya.

Oleh karena itu, jika telah melakukan pelembab dan priming tapi masih belum puas dengan hasil akhir dari foundation, ada baiknya untuk menambahkan eksfoliasi ke dalam persiapan pra-rias wajah dan rutinitas perawatan kulit rutin.

4. Pilih Warna yang Tepat

Terkadang, masalahnya bukan terletak pada persiapan kulit, melainkan pada foundation yang digunakan. Menurut Dr. Garshick, caking dapat terjadi ketika menggunakan warna foundation yang salah, karena terlihat tidak alami, dan dengan demikian akan menempel.

Untuk menghindari pengalaman makeup menjadi cakey ini, penting untuk memikirkan warna kulit saat memilih foundation. Dengan mengetahui apakah memiliki warna kulit yang dingin, hangat, atau netral, maka akan lebih cocok untuk memilih foundation yang paling sesuai dengan warna kulit masing-masing.

5. Hindari Menggunakan Terlalu Banyak Produk

Seperti telah dibahas sebelumnya, penyebab lainnya yang bisa membuat makeup cakey adalah menggunakan terlalu banyak alas bedak. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan produk dengan lapisan tipis sesuai kebutuhan kulit.

"Mengaplikasikan terlalu banyak produk dapat menyebabkan aplikasi yang tidak merata-terutama jika Anda menggunakan produk dengan hasil akhir bedak. Terlalu banyak lapisan bedak cenderung membuat kulit terlihat bertekstur/kering. Selain itu, lapisan-lapisan tersebut cenderung saling menolak satu sama lain, menciptakan tampilan yang bernoda dan kilas balik kamera," ujar Lujan.

6. Gunakan Alat yang Tepat

Cara mengaplikasikan makeup juga sangat penting untuk mengatasi makeup cakey. Alih-alih menggunakan jari, disarankan untuk menggunakan kuas alas bedak atau busa riasan khusus untuk hasil akhir yang halus dan tidak lengket.

Selain itu, menggunakan kuas juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan alas bedak. Tapi gunakan kuas stippling dengan bulu yang tidak terlalu halus untuk menciptakan tampilan yang lebih ringan.

7. Gunakan Face Mist

Face mist adalah salah satu bagian yang paling menyenangkan dari rutinitas kecantikan dan juga sangat berguna. Hanya perlu beberapa detik untuk menyemprotkan face mist ke wajah, dan riasan yang cakey bisa diperbaiki.

Hal ini karena kelembapan dari semprotan face mist dapat membantu melebur ke dalam kulit, dan membuat makeup membaur kembali dengan baik di wajah.