News - Rem parkir atau yang sering disebut rem tangan merupakan sebuah sistem pengereman untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Rem jenis ini berfungsi untuk menahan mobil dalam posisi jalan yang miring, terutama jalan menanjak atau menurun. Selain itu, rem tangan juga dapat digunakan sebagai pengganti rem utama jika mobil dalam kondisi berhenti yang cukup lama, seperti kemacetan atau parkir.

Rem tangan merupakan cara paling aman ketika seseorang sedang belajar mobil. Sebab, dapat membuat pengereman mobil dapat maksimal.

Namun, rem tangan sering mengalami kendala, terutama macet saat hendak dipakai. Biasanya, hal itu disebabkan oleh beberapa kasus seperti pengemudi yang menarik rem terlalu kuat hingga melebihi ambang batas gerigi di dalamnya.

Penyebab lainnya adalah tuas rem tidak bisa dikembalikan. Biasanya, tuas tidak dapat kembali ke posisi semula setelah menarik rem tangan. Bila pengendara tidak mengetahui masalah teknis, pasti akan menimbulkan kepanikan.

Selain itu, rem tangan digunakan dalam jangka waktu lama. Sangat tidak disarankan menggunakan rem tangan dalam jangka waktu lama. Terlebih jika medan yang dilewati terdapat genangan air maupun banjir. Hal ini akan menyebabkan karat sehingga lengket pada rem yang akhirnya menyebabkan rem tangan berakibat tidak bisa kembali ke posisi semula.

Kemudian, masalah bisa terjadi saat tidak bisa membedakan rem tangan transmisi manual maupun otomatis. Mobil atau kendaraan roda empat terdapat dua jenis transmisi yaitu manual dan otomatis. Tidak dapat membedakan kedua transmisi tersebut akan membuat pengemudi salah dalam menggunakan. Sehingga rem tangan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.