News - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar (SD) Kota Semarang tahun ajaran 2024/2025 berlangsung mulai 18 Juni-22 Juni 2024. Alur PPDB Kota Semarang 2024 SD terdiri dari pendaftaran secara hingga daftar ulang secara online.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyebut bahwa pihaknya berkomitmen menyelenggarakan PPDB untuk tahun ajaran 2024/2025 seluruh jenjang secara proporsional, adil, dan tanpa diskriminasi. Langkah tersebut diambil untuk memberikan layanan pendidikan berkualitas sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Adapun proses seleksi PPDB di Kota Semarang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Metode digital ini diharapkan dapat memudahkan calon peserta didik baru (CPDB) saat mendaftar dan memantau setiap tahapannya secara online.

Lebih lanjut, Hevearita mengajak seluruh pihak yang terlibat PPDB untuk mewujudkan proses penerimaan seluruh jenjang secara berkualitas, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif.

Cara Daftar PPDB Kota Semarang 2024

Cara daftar PPDB Kota Semarang 2024 telah dirili oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang. Panduan cara daftar tersebut dimuat dalam dokumen “Panduan Pendaftaran SD Penerimaan Peserta Didik Kota Semarang Tahun Pelajaran 20224/2025.”

Berdasarkan dokumen panduan tersebut, berikut ini tata cara daftar PPDB SD Kota Semarang 2024:

  1. Kunjungi laman PPD Semarang melalui link #. Pendaftar secara otomatis, akan diarahkan pada halaman PPDB khusus untuk jenjang SD;
  2. Klik menu “Pendaftaran” untuk mulai pendaftaran baru. Menu tersebut terletak pada kotak bagian atas halaman web;
  3. Isi formulir pendaftaran dengan melengkapi informasi yang diperlukan;
  4. Isi NIK, kata sandi, dan masukkan dari penjumlahan pada kolom yang disedikan;
  5. Jika semua data telah diisi, tekan tombol “Cek”;
  6. Pendaftar akan diarahkan untuk melengkapi isian formulir pendaftaran. Terdapat lima tahapan form yang harus diisi mulai dari jalur pendaftaran, data diri calon peserta didik, data sekolah asal, sekolah tujuan, nomor telepon orang tua/wali dan kata sandi. Khusus kolom memilih sekolah tujuan, tersedia pilihan 1 sekolah sesuai zona, dan 2 pilihan bebas;
  7. Bila semua data telah terisi, klik tombol “Simpan Pendaftaran”;
  8. Cetak bukti pendaftaran dengan klik “Cetak Formulir Pendaftaran”;
  9. Calon peserta didik diperkenankan mengganti jalur pendaftaran dan pilihan sekolah selama jadwal pendaftaran masih dibuka;
  10. Untuk melihat data pendaftaran yang sudah tersimpan, klik menu “Jurnal Pendaftaran” pada menu utama.

Link Pendaftaran PPDB SD Kota Semarang 2024

Seperti telah dijelaskan di awal bahwa pendaftaran PPDB SD Kota Semarang 2024 berlangsung secara online. Informasi terkait penerimaan siswa baru seluruh jenjang dapat diakses melalui laman PPD Kota Semarang.

Orang tua/wali dan CPDB bisa memperoleh informasi seperti regulasi, jadwal, hingga pusat bantuan PPDB Semarang. Tak hanya itu, calon peserta didik atau orang tua wali juga dapat mengetahui profil sekolah yang ingin dituju melalui laman web PPDB Kota Semarang.

Link pengumuman dan pendaftaran PPDB SD Kota Semarang bisa diakses di situs PPD Kota Semarang atau link berikut:

Link pendaftaran PPDB SD Kota Semarang 2024

Alur dan Tahapan PPDB Kota Semarang SD 2024

Alur dan Tahapan PPDB Kota Semarang SD 2024 termuat dalam situs resmi PPD Kota Semarang. Alur pendaftarannya dimulai dari pendaftaran online hingga jadwal masuk hari pertama sekolah.

Berikut ini alur dan tahapan PPDB SD Kota Semarang:

  • Pendaftaran online: 18 Juni-22 Juni 2024
  • Analisa dan pemeringkatan: 24 Juni 2024
  • Pengumuman online: 25 Juni 2024
  • Daftar ulang online: 26 Juni-28 Juni 2024
  • Hari pertama sekolah: 22 Juli 2024