News - Pemerintah berencana untuk menampung anak-anak Palestina ke Indonesia. Nantinya mereka akan ditampung di sejumlah pesantren di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan langsung Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, usai bertemu Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/6/2024) kemarin. Prabowo mengeklaim rencana tersebut merupakan usulan dari mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Saya juga tawarkan, atas inisiatif Ibu Khofifah dan juga tokoh-tokoh, pimpinan Ponpes, siap menampung yatim piatu anak-anak yang kena trauma," kata Prabowo.

Usulan itu adalah bagian dari upaya memberikan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina sekaligus mendukung perdamaian abadi di wilayah tersebut.

Selain mengusulkan hal tersebut, pemerintah juga sedang mendorong langkah-langkah bersama berbagai pihak agar Tanah Air dapat mengirim tenaga medis untuk mengoperasikan RS lapangan di kawasan Gaza.

"Kemudian kami juga waktu itu menyampaikan Indonesia siap mengirim tenaga dokter dan siap mengirim perawat untuk mengoperasikan rumah sakit di lapangan Gaza," kata Prabowo.

Melalui Kementerian Pertahanan, Prabowo juga menyampaikan Indonesia mengirimkan pesawat Hercules untuk terus mengirim bantuan udara.

"Saya baru lapor ke Presiden mengatakan kita tetap bila diminta dan bila diizinkan kami siapkan pesawat Hercules untuk terus mengirim bantuan lewat udara," kata Prabowo.