News - Ketua DPP PDIP, Said Abdullah, meyakini Khofifah Indar Parawansa akan mempertimbangkan kader PDIP sebagai calon wakil gubernur di Pilkada Jawa Timur 2024.

Padahal, Khofifah sendiri saat ini telah mengantongi surat keputusan dukungan sepaket dengan Emil Dardak dari sejumlah partai, yakni Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), hingga Partai Perindo.

"Mba Khofifah kemana-mana, Mas Emil Dardak kemana-mana, semua dimana-mana yang penting nantinya endingnya adalah Mbak Khofifah bisa menerima calon PDIP sebagai orang kedua," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Said mengaku partainya sudah berbicara dengan PAN, Gerindra, serta berencana berkomunikasi dengan Golkar agar mempertimbangkan kader PDIP untuk dijadikan pendamping Khofifah. Bila ada kesepakatan, kata dia, PDIP akan membuka komunikasi dengan Khofifah.

"Kalau kesamaan itu dicapai, kami akan berbicara dengan Mbak Khofifah," ucap Said.

Said mengatakan partainya akan memperbesar peluang agar Khofifah mau meminang kader PDIP menjadi pendampingnya di Pilkada Jatim.

"Ya peluangnya kita besarin aja jangan disempitin, karena saya optimistid untuk bisa," tutur Said.

Lebih lanjut, Said mengklaim pihaknya sudah bicara dari hati ke hati dengan Emil Dardak dalam rangka bicara Pilkada Jawa Timur. Ia mengatakan partainya menutup pintu untuk mendukung Emil menjadi pendamping Khofifah. Sebab, kata dia, Emil Dardak sudah di level menteri.

"Kami akan mendorong calon kami agar bisa mendapatkan tempat. Emil Dardak itu kelasnya sudah menteri kali, ya," kata Said.

Sebelumnya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi mendukung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menjadi pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, menyerahkan secara langsung surat rekomendasi kepada Khofifah-Emil di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2024) sore.

"Baru saja kami menyerahkan surat rekomendasi kami kepada Ibu Khofifah dan Pak Emil untuk Pemilihan Gubernur di Jawa Timur," ujar Kaesang.

Kaesang mengatakan DPP PSI siap memenangkan Khofifah-Emil pada Pilkada Jawa Timur 2024. Menurut Kaesang, Jawa Timur menjadi salah satu lokasi strategis bagi parpol berlambang mawar tersebut. Sebab, banyak kader PSI yang berada di Jawa Timur.

Anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu pun berharap semua kader PSI di Jawa Timur yang mengikuti pilkada tingkat kota/kabupaten bisa turut memenangkan Khofifah-Emil.

Sehari sebelumnya, PAN menyatakan dukungan secara resmi kepada Khofifah-Emil Dardak sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Jatim.

Zulhas berujar dukungan terhadap Khofifah-Emil bukan tanpa alasan. Sebab, PAN melihat perkembangan pesat Jatim di bawah kepemimpinan Khofifah-Emil.

“Kami tahu betul, bagaimana pesat perkembangan pembangunan di Jawa Timur, duet antara Bu Khofifah sama Mas Emil ini," kata Zulhas, Senin (3/6/2024).