News - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Barat tengah melirik eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, untuk didorong maju di Pilkada Jabar 2024. PDIP menilai Susi merupakan figur yang menarik untuk didorong maju dalam kontestasi pilkada.

Ketua DPD PDIP Jawa Barat, Ono Surono, mengatakan, sinyal dukungan itu juga muncul setelah mendengar pernyataan Susi yang akan maju bila ada permintaan masyarakat.

“Ada statement Bu Susi beliau apabila diminta masyarakat, beliau akan siap. PDIP akan dalami itu, apakah Bu Susi siap untuk kita usung. Kita bisa dorong partai lain eksplor lebih jauh kesiapan Bu Susi. Menurut saya Bu Susi figurnya menarik,” kata Ono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Kendati demikian, Ono belum bicara secara langsung dengan Susi. Ia mengaku akan mengunjungi Susi secara langsung dalam waktu dekat.

“Saya jujur belum [komunikasi], baca dari media online soal kesiapan Bu Susi. Insyaallah saya akan berkunjung langsung bertemu Bu Susi sekalian liburan ke Pangandaran,” ucap Ono.

Di sisi lain, kata dia, PDIP juga berpeluang berkoalisi dengan Partai Gerindra dengan mengusung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar. Ono mengaku sudah bertemu Dedi Mulyadi.

“Bisa. Kami sudah ketemu Gerindra, saya pun sudah ketemu Dedi Mulyadi, sangat. Tentunya kita saat ini analisa terhadap figur di Jabar yang punya potensi kami majukan, misal Nasdem usung Ilham Habibie,” tutur Ono.

Di sisi lain, jelas Ono, PDIP juga tengah menjajaki komunikasi dengan partai lain seperti, PKS, PPP, PAN, dan PKB. Menurut dia, pemilu saat ini masih realistis. Saat ini, PDIP intens berkomunikasi dengan PPP dan PKS.

“Misalnya kenapa sih kita komunikasi dengan PKS yang sebelumnya belum pernah terjadi ke PDIP dan PKS. Makanya dengan KIM yang bisa terbentuk di Jabar mau tidak mau hanya menyisakan PDIP, PKS, PPP, Nasdem tak tahu apakah masuk pemerintahan, PKB juga sudah. Yang kita komunikasi terus ya PPP dan PKS," tukas Ono.