News - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk sembilan nama anggota panitia (pansel) pemilihan calon anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) periode 2024-2028. Para anggota pansel memiliki rekam jejak dalam dunia hukum dan kepolisian.

Peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Hermawan Sulistyo, terpilih menjadi ketua dan Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri ditunjuk menduduki wakil ketua.

Kemudian, Yenti Garnasih, selaku sekretaris. Ada juga Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam, Irjen Pol (Purn) Carlo Brix Tewu, sebagai anggota, Irjen Pol (Purn) Bekto Suprapto, sebagai anggota.

Lalu, Edi Saputra Hasibuan sebagai anggota, Nur Kholis, sebagai anggota, dan Alfito Deannova Ginting, sebagai anggota.

Pansel Kompolnas pun sudah mulai bekerja pada Jumat (21/6/2024). Mereka nantinya akan mengumumkan penerimaan dan melakukan pendaftaran calon anggota Kompolnas, mengumumkan kepada masyarakat untuk mendapat tanggapan, melakukan tahapan seleksi Kompolnas.

Mereka akan mencari 3 nama unsur kepolisian dan 3 orang unsur masyarakat dengan total dua kali dari jumlah atau sekitar 12 kandidat dan bertanggung jawab kepada Jokowi.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, berharap mereka bisa mendapatkan anggota Kompolnas yang mampu mengawasi kepolisian agar dicintai rakyat. Dia berharap publik ikut mengawasi proses seleksi.