News - Puluhan ribu penggemar musik tanah air yang menyaksikan penampilan grup musik Coldplay, mungkin tengah terkantuk dengan perasaan gembira hari ini. Tadi malam, Rabu (15/11/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, mereka dimanjakan penampilan sekitar 120 menit oleh grup musik yang dipunggawai Chris Martin cs itu. Konser bertaraf internasional bertajuk “Spheres World Tour Jakarta” tersebut, ditargetkan menghimpun 70.000-80.000 penonton.

Kendati demikian, di antara puluhan ribu dada penonton yang dipenuhi sukacita tadi malam, tersisip pengalaman tak mengenakkan yang dialami lusinan orang. Seperti hal-hal terang dan megah lainnya, tersimpan kekacauan di baliknya. Konser Coldplay yang telah terselenggara dengan gegap gempita pun tak lepas darinya.

Seperti kisah yang dibagikan Jennifer Slavina (20), mahasiswi asal Surabaya, Jawa Timur, yang ditemui reporter Tirto pada hari H konser Coldplay. Ia datang ke Jakarta untuk menonton penampilan Coldplay bersama ketiga temannya. Nahas, ia justru menjadi salah satu korban penipuan tiket konser Coldplay oleh pihak tak bertanggung jawab.

Penipuan itu bermula saat Jennifer dkk membeli empat tiket Coldplay dari akun Instagram @thisyourtix pada Juli 2023. Per tiket dalam Categori 6 yang dibelinya, dibanderol Rp2 juta atau naik Rp500 ribu dari harga resmi. Jennifer mengaku tertarik untuk membeli tiket tersebut karena kenaikan harganya tak terlalu tinggi.

“Karena harganya enggak gila-gilaan. Misal cat 6 itu [harga asli] Rp1,5 juta, dijual seharga Rp2 juta,” kata dia, ditemui di Gerbang 10 GBK, Jakarta Pusat, Rabu (15/11/2023).

Ia lantas membeli empat tiket dengan total harga Rp8 juta itu. Jennifer mengaku membayar keempat tiket itu melalui transfer. Kemudian, pihak akun Instagram @thisyourtix mengirimkan invoice pembelian tiket tersebut.

Tak disangka-sangka, hingga hari H konser, pihak @thisyourtix tak memunculkan batang hidungnya di Mal FX, tempat mereka seharusnya bertemu memberikan tiket. Alih-alih mendapat titik terang, Jennifer justru bertemu dengan korban penipuan lain yang dibohongi @thisyourtix.

Sebagian korban penjual tiket bodong itu melaporkan penipuan ini ke Polda Metro Jaya. Karena sudah jauh-jauh ke Ibu Kota, Jennifer tetap menuju kawasan GBK dan berharap ada orang lain yang menjual tiket.

Ia menyampaikan, total kerugian dia dan temannya lebih dari Rp10 juta hanya untuk nonton konser Coldplay. Nominal ini terbilang dari kalkulasi empat tiket, penginapan, serta transportasi dari Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.